Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Posted by sangpembelajar On Sunday, 26 September 2010 1 komentar
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

DI SEKOLAH DASAR



Oleh Luh Juwita Purwati, NIM 0611031069

Jurusan Pendidikan Dasar (S1 PGSD)


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan LKS dalam mata pelajaran IPA dengan tema Energi dan Perubahannya pada siswa kelas V Semester II di Sekolah Dasar No.3 Anturan Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2009/2010.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi tindakan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD No.3 Anturan Tahun Ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Data hasil observasi terhadap prilaku siswa selama mengikuti pembelajaran dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil belajar IPA siswa yang didapatkan dari metode tes dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan LKS dengan nilai ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I 76,66% berada pada kategori tinggi (23 orang siswa yang dapat mencapai KKM) dan pada siklus II 93,3% berada pada kategori sangat tinggi (28 orang siswa yang dapat mencapai KKM). Ini berarti bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan LKS sebesar 16,64%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa  model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan LKS sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD No.3 Anturan tahun ajaran 2009/2010.

Kata-kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar IPA, LKS

1 komentar:

amirudinwabula said...

thank's atas downloadnya,,,,

Post a Comment