Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kosakata DenganMenggunakan Media Gambar Di Kelas IV SD



Meningkatkan Hasil Belajar  Kosakata Dengan Menggunakan Media Gambar


Pelajaran kosakata sangat memegang peranan penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, pengajaran kosakata diajarkan sacara implisit artinya pengajaran kosa kata diajarkan bersama dengan wawancara yang muncul pada saat pembelajaran pada saat itu, atau tidak secara mandiri. Pengajaran kosakata diajarkan secara kontekstual dan integrative. (diknas, 2003 : 26).

Setelah diadakan wawancara dengan guru-guru yang berpengalaman mengajar Bahasa Indonesia yang diobservasi, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya siswa kelas IV SD Negeri 3 Pohsanten tahun ajaran 2008/2009 pengusaan kosakata anak-anak sangat rendah. Nilai rata-rata siswa dalam pengusaan kosakata sebesar 54. Data in diperoleh dari hasil tes formatif pada daftar nilai dari hasil wawancara rekan-rekan guru Bahasa Indonesia terdahulu.

Rendahnya penguasaan kosakata siswa dalam Bahasa Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain : (1) Minimnya pengetahuan siswa, (2) Rendahnya kemauan siswa terhadap bacaan. (3) Kurangnya media dalam pengajaran kosakata. (4) Rendahnya kualitas tugas-tugas siswa dan, (5) Kurang tepatnya teknik dan pendekatan yang dipergunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar.

Di antara faktor yang telah diuraikan diatas dalam pengajaran kosakata dalam Bahasa Indonesia, penggunaan media yang kurang tepat adalah faktor paling dominan. Guru secara terus-menerus memperkenalkan kosakata secara verbal tanpa melalui konteks dan diimbangi dengan media pembelajaran. Siswa tidak pernah tertarik dengan penjelasan guru dalam peroses belajar mengajar. Guru secara monoton menjelaskan tanpa menyesuaikan dengan kondisi dan situasi siswa. Kegiatan interaksi antara siswa maupun terhadap gurusangat kurang. 

Untuk mengatasi hal tersebut perlu penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan, praktis, mudah diperoleh, komunikatif, kentekstual dan sesuai dengan makna ajar. Sehingga pengajaran kosakata dengan mengunakan media pembelajaran, terbuka peluang bagi siswa untuk berinteraksi, berlatih menganalisi, dan menyimpulkan penggunaan dari pada kosakata yang dipelajari.




SILAHKAN DOWNLOAD FILE DISINI

Post a Comment for "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kosakata DenganMenggunakan Media Gambar Di Kelas IV SD"