membuat pendingin leptop sekaligus speaker

Posted by sangpembelajar On Thursday, 6 January 2011 0 komentar

membuat pendingin leptop sekaligus speaker


sekedar menulis dan berbagi pengalaman utak atik barang yang kurang digunakan menjadi lebih bermanfaat. berawar dari keinginian membeli speker portebel untuk leptop namun tidak ada dana akhirnya saya utak atik sepeker komputer yang mono menjadi sepeker portebel.


 



menggunakan sepeker komputer yang sederhana yang tidak terpakai saya bukak dan saya buang kasingnya saya ambil sepeker beserta rangkain alat elektroniknya (ukurannya kecil kurang lebih 6x4 cm). dan trafonya tidak usah dipai karna mengambil daya listrik dari usb pendinggin leptop.


ambil kabel dan sambungkan ke arus usb dan sambung menggunakan soder di rangkean elektronik (sambukkan arus usb tersebut di rangkaian setelah rangkaian perubah arus (AC-> DC) karna arus pada usb sudah dc bisa di tes terlebih dahulu sebelum di soder untuk mengecek atau mengetes arus positif dan nedatif (+-) dan apakah mau hidup rangkean elektonik tersebut. apa bila sudah pas langsung sambungkan.


setelah itu atur posisi rangkaian elektronik sepeker tersebut di tempel menggunakan baut pada pendinggin leptop dengan membuat lubang baut yang sesuai dengan pcb sepikernya . atur juga posisi sepikernya sesuaikan dengan pendingin leptop tersebu dan rekatkan dengan menggunakan lem (Bisa menurut kereatif anda) untuk agar suara sepeaker lebih bagus isi penutup pada bagian speakernya.


sekarang tinggal dicoba colokkan usb pendingggin dan colokan iiput seteker ke output leptop dan tekan tombol untuk mengjidupkan speaker dan sekarang pendingin sekaligus sebagai speaker sudah suap digunakan.


demikian lah yang dapat saya tulis mungkin ada yang pengen bertukar pikiran ato ide saran dan keritikan silahkan beri komentar.


 


 

0 komentar:

Post a Comment