Kumpulan Abstrak PTK SD

Posted by sangpembelajar On Friday, 30 May 2014 0 komentar

PENERAPAN METODE BELAJAR TUNTAS


DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR


MENGARANG BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV


SDN 2 PENGAMBENGANPADA SEMESTER II


TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Oleh:


 NAMA          : Anshori,S.Pd


 NIP               : 196304031984041004


ABSTRAK


 

            Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Belajar Tuntas pada siswa  kelas IV SDN 2 Pengambengan Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Terutama pada materi mengarang


            Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Pengambengan tahun pelajaran 2013/2014 dengn jumlah siswa sebanyak 40. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan metode Belajar Tuntas dalam pembelajaran mengarang mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.


Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat di jelaskan bahwa: hasil peningkatan pretasi belajar siswa dari prasiklus/tes awal prestasi siswa masih rendah karena di bawah KKM yaitu rata-rata kelas mencapai nilai 53,6. Pada siklus I setelah diterapkan metode belajar tuntas  rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 65,30 sudah mencapai KKM namun masih pada keriteria sedang dan ketuntasan belajar masih 67,5 % belum mencapai 70% maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata kelas mencapi nilai 73,5 sudah termasuk keriteria baik. Dan ketuntasan belajar siswa jg sudah tutas dengan persentase ketuntasan 87,5 % melebihi keritria ketuntasan minimum yaitu 70%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif dapat diterima, maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan metode belajar tuntas dapat meningkatkan prestasi belajar mengarang bahasa Indonesia siswa Kelas IV  SDN 2 Pengambengan semester II tahun pelajaran 2013/2014.


Kata-kata kunci: Metode belajar tuntas, dan prestasi belajar siswa




MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA


 DENGAN MENGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET


PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PENGAMBENGAN


 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014


 


Oleh:


NAMA           : KARYONO, S.Pd


NIP                 : 196304031984041004


 


ABSTRAK



            Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD bertujuan untuk melatih cara berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten. Anak diharapkan terampil menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi kenyataan dilapangan anak-anak banyak mengalami kesulitan terutama kemampuan menghitung luas permukaan bangun ruang. Agar kemampuan menghitung luas di SD dapat ditingkatkan maka dapat memanfaatkan sumber belajar sekitar siswa yang berupa benda-benda konkret. Dengan menggunakan benda-benda konkret anak mampu melakukan aktivitas logis dalam memecahkan masalah, hal itulah sebagai cara untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SDN 2 Pengambengan.


            Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Apakah ada peningkatkan prestasi belajar matematika dalam menghitung luas bangun ruang setelah mengunakan  media benda konkret pada siswa kelas IV SDN 2 Pengambengan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.


            Berdasarkan analisi data prestasi belajar siswa, pemberian tindakan pada siklus I cukup berhasil untuk meningkatkan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan dari nilai rata-rata kelas tes awal yang bernilai 48,63 dan mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan siklus I dengan nilai rata-rata kelas menjadi 59 namun nilai ini masih tergolong kategori cukup. Hasil analisis data prestasi belajar siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yang sangat baik ini ditunjukkan dari perbandingan siklus I yang nilai rata-rata kelas 59 dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 66,38. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa prestasi belajar pada siklus II sudah memenuhi target. Dapat disimpulkan dengan mengunakan media benda konkret, perestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Pengambengan dalam menghitung luas bangun ruang mengalami peningkatan


Kata-kata kunci: Media benda konkret, dan prestasi belajar matematika




UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR


ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN


MEDIA GAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SISWA KELAS V SDN 2 PENGAMBENGAN


 


Oleh:


NAMA            : MUJAHIDIN, S.Pd


NIP                  : 195704081980101004


 


ABSTRAK



            Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: mengetahuipeningkatan prestasi belajar siswa  setelah mengunakan media gambar melalui model pembelajaran terpadu pada mata pelajaran  IPA pada materi makhluk hidup dan proses kehidupannya.


            Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 2 Pengambengan tahun pelajaran 2013/2014 dengn jumlah siswa sebanyak 47. Tindakan yang mengunakan media gambar melalui model pembelajaran terpadudalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.


Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan program perbaikan pembelajaran, diperoleh hasil bahwa pada tindakan prasiklus nilai rata – rata kelas adalah 45,83, pada tindakan siklus I nilai rata-rata kelas adalah 68,75, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 85,42, sedangkan pada tindakan siklus III, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 92,71. Dari aspek jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran, pada kegiatan pembelajaran normal, jumlah siswa yang tuntas hanyalah berjumlah 15 orang atau 31,25%. Pada tindakan siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 orang atau 60,42%, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 42 orang atau 87,50, dan pada tindakan siklus III seluruh siswa, sebanyak 48 orang atau 100% tuntas dalam pembelajaran. Dapan disimpulan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar terhadap mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 2 Pengambengan dengan menggunakan media gambar melalui model pembelajaran terpadukususnya pada materi makhluk hidup dan proses kehidupannya



Kata-kata kunci: model pembelajaran terpadu, dan prestasi belajar IPA



IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL


UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA


SISWA KELAS V SDN 3 PENGAMBENGAN,


KABUPATEN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2013/2014


 


Oleh:


NAMA            : MUKSIN, S.Pd


  NIP               : 195610261980101001


 


ABSTRAK


            Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: mengetahuipeningkatan prestasi belajar siswa  setelah menerapkan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran  matematika pada materi pecahan.


            Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 3 Pengambengan tahun pelajaran 2013/2014 dengn jumlah siswa sebanyak 27. Tindakan yang dilakukan berupa implementansi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.


Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu dari 43,7 pada pra siklus menjadi 56,11 pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 71,3 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa secara kelasikal mengalami peningkatan yaitu dari 14,81% pada pra siklus menjadi 62,92% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 88,89% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap hasil-hasil penelitian yang telah dibahas dalam bab IV di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif dapat diterima, maka implementasi pendekatan kontekstual efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V  SDN 3 Pengambengan.


 

Kata-kata kunci: kontekstual, dan prestasi belajar matematika



MENINGKATAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR DAN RESITASI PADA SISWA KELAS IV SDN SDN 3 LELATENG


 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014


 


Oleh:


NAMA           : Abdul Hakim, S.Pd


NIP                 : 195807101981021004


 


ABSTRAK



Peneliti ingin mencoba melakukan penelitian dengan judul “ Meningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui metode pemberian tugas belajar dan resitasi Pada Siswa Kelas IV SDN SDN 3 Lelateng”. Sesuai dengan permasalahan penelitian ini bertujuan untuk: Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pemberian tugas belajar dan resitasi. Dan Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pemberian tugas belajar dan resitasi.


            Tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SDN 3 Lelateng Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2013/2014


            Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa metode pemberian tugas belajar dan resitasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 68,18%, 75%, dan 83,3%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan. Penerapan metode metode pemberian tugas belajar dan resitasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode metode pemberian tugas belajar dan resitasi sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar



Kata-kata kunci: metode pemberian tugas belajar dan resitasi, dan pembelajaran agama islam

 

MENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN


DALAM MELAKUKAN SHOLAT WAJIB MELALUI


STRATEGI MODELLING THE WAY


PADA SISWA KELAS IV SDN 2 BANJAR TENGAH


SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014


 


Oleh:


NAMA           : HALIMI, S.Pd


NIP                 : 195612311981121022


 


ABSTRAK



Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan kemampuan melakukan sholat wajib melalui strategi modelling the way pada siswa kelas IV SDN 2 Banjar Tengah, Semester II tahun pelajaran 2013/2014.


Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SDN 2 Banjar Tengah Semester II tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 13 siswa.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktifitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi modelling the way dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan melakukan sholat wajib pada siswa Kelas IV SDN 2 Banjar Tengah Semester II tahun pelajaran 2013/2014. Aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek membaca rukun sholat (nilai rata-rata meningkat 1,1; persentase naik 21,8%; dari kategori baik menjadi amat baik), aspek membaca syarat sholat (nilai rata-rata naik 0,7; prosentase naik 14,8%; dari kategori baik menjadi amat baik); aspek membaca hal yang membatalkan sholat (nilai rata-rata meningkat 0,7; persentase naik 15,7%; dari kategori baik menjadi amat baik), dan aspek praktek sholat (nilai rata-rata naik 0,9; prosentase naik 18,3%; dari kategori baik menjadi amat baik). Hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 4 siswa (30%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 13 siswa (100%). Terjadi peningkatan sebanyak 9 siswa (70%) dan nilai rata-rata kelas dari 60,4 menjadi 87,6, meningkat sebesar 24,8.


 

Kata kunci : Aktivitas.  Kemampuan melakukan sholat wajib, Strategi modelling the way.

 

berminat sofecopy file PTK diatas  monggo PIN : 75B06C4D

0 komentar:

Post a Comment