Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH RANCANGAN PENELITIAN

CONTOH RANCANGAN PENELITIAN

JUDUL
Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Konsep Game Petualangan Berbantuan Aplikasi Android Siswa Petualang (SILANG) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VI

IDENTITAS
Nama              : Susilo Fitri Yatmoko, M.Pd
Email              : yatmoko21@gmail.com
HP                   : -
Instansi           : SD Negeri 6 Penyaringan

JENIS PENELITIAN
Jenis Penelitian dalah Pnelitian Tindakan Kelas (PTK)

ISI
1.   LATAR BELAKANG
Dalam rangka berperan serta dalam meningkatkan mutu Pendidikan dan mengembangkan profesi guru secara berkelanjutan. Maka salah satu hal yang dapat dilakukan sebagai guru adalah melakukan penelitian tindakan kelas. Dengan harapan mampu meningkatkan profesionalitas guru dan menambah pengetahuan, dan tidak kalah pentingnya adalah mampu memberikan pengalaman belajar yang evektif dan meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal.Sejalan dengan hal tersebut diatas peneliti melakukan refleksi diri dalam proses pembelajaran peneliti rasakan selama mengajar di SD Negeri 6 Penyaringan. Peneliti menyadari ada beberapa mata pelajaran yang tidak dapat berjalan secara evektif sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa, salah satunya mata pelajaran tersebut adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Maka dari itu perlu diadakan perbaikan pembelajaran melalui proses sebuah Penelitian Tindakan Kelas.

2.    PERMASALAHAN
Berdasarkan latar belakang di atas dan refleksi diri dalam proses pembelajaran IPS di kelas. Peneliti menemukan beberapa permasalahan dan yang sangat mendesak untuk di tindak lanjuti adalah:
Proses Pembelajaran IPS dikelas selama ini masih konvensional yaitu sumber belajar hanya diberikan oleh guru dan kurang adanya aktifitas siswa dalam belajar.
a)  Tidak adanya media pembelajaran yang dapat menarik motivasi siswa dalam belajar sehingga siswa terlihat bosan dalam mengikuti pembelajaran IPS dikelas.

3.    SOLUSI
Berdasarkan masalah yang ditemukan di atas maka peneliti mencoba untuk memberikan solusi yaitu :
a)   Untuk meningkatkan peran serta dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, peneliti akan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan konsep game petualangan.
b)  Untuk memberikan media belajar yang menarik kepada siswa peneliti  mencoba mengunakan media berupa aplikasi android siswa petualang (SILANG).

4.  DESKRIPSI KARYA
Berikut ini penjelasan terkait solusi yang akan diberikan untuk memecahkan masalah tersebut di atas:
a.)  Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Konsep Game Petualangan Berbantuan Aplikasi Android Siswa Petualang (SILANG)
Dalam perbaikan proses pembelajaran ini peneliti akan menerapkan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan konsep game petualang yang dilakukan di lingkungan sekolah.
Adapun tehnik permainannya adalah Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok yang akan beradu cepat menemukan harta karun, namun untuk mencapai harta karun tersebut siswa akan melakukan petualangan dan menyelesaikan rintangan dalam beberapa pos, dimana masing-masing pos akan ada beberapa soal yang harus dijawab berkaitan dengan materi pelajaran IPS. Untuk menjawab soal tersebut siswa siswa diberikan kebebesan untuk berdiskusi dengan kelompoknya dan mencari jawaban dari soal tersebut dari beberapa buku sumber yang dibawa.
Untuk membuat lebih menarik lagi dalam penerapan model pembelajaran TGT tersebut peneliti menyiapkan sebuah aplikasi androit yang diberinama SILANG (siswa Petualang) yang digunakan sebagai panduan dan sarana melakukan kegiatan game petualang tersebut. Jadi masing-masing kelompok akan mengunakan HP/Tablet untuk menemukan petunjuk dan media untuk menjawab soal yang ada di masing-masing pos dengan tujuan akhir untuk menemukan harta karun/hadiah.
Dengan diterapkan medel pembelajar tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Post a Comment for "CONTOH RANCANGAN PENELITIAN"