Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENCORET WAJAH SISWA UNTUK MEMOTIVASI

MENCORET WAJAH SISWA UNTUK MEMOTIVASI

sudah lama tidak menulis diBlog karena tidak punya ide... baru-baru ini terlintas dalam pikiran ingin berbagi trik-trk mengajar yang saya terapkan di kelas terutama siswa SD jadi kali ini saya akan menuliskannya untuk sekedar berbagi dan bertukar pikiran. lebih lengkapnya sebagai berikut.

BERMAIN MATEMATIKA DENGAN MENCORET WAJAH

awal mulanya perihatin dengan melihat anak didik saya yang sudah klas IV (empat) SD belum terlalu hapal perkalian dan pembagian. Dan ditambah siswa tidak ada motivasi untuk belajar perkalian. Setiap dikasi pertanyaan perkalian siswa menjawannya masi terlalu lama bahkan jawabannya salah.

Sudah berkali-kali siswa di himbau untuk menghapalkan kembali perkalian tapi masi tetap di acuhkan. Padahal perkelian adalah pelajaran yang paling mendasar apa bila siswa tidak bisa perkalian siswa akan mengalami kesulitan dalam menangkap atau menerima pelajaran yang tingkat materinya lebih sulit. Secara sederhana apabila siswa tidak bisa perkalian atau lama dalam perkalian siswa akan merasakan kesulitan dalam materi perkalian susun, pembagian susun, dan materi lainnya. Dan bila siswa tidak bisa memahami materi yang diterangkan guru akan menimbulkan perasaan pada siswa bahwa matematika itu suli dan sangat membosankan. Padahal ini semua disebabkan siswa tidak memegang salah satu kunci dasar pelajaran matematika yaitu PERKALIAN. Apa lagi siswa itu sudah duduk di kelas IV ke atas ma siswa yang tidak bisa perkalian dijamin tidak akan bisa mengerjakan soal matematika karna pada tingkatan kelas ini siswa tidak akan lagi pada menghafal perkalian. Maka dari itu saya punya ide unik dengan cara mengajak siswa bermain (CORET WAJAH) adapun caranya dalah sebagai berikut:



  1. Permainan ini bisa dilakukan pada saat awal jam pelajaran atau akir jam pelajaran. Siswa duduk di bangkunya masing-masing. Siswa akan diberikan pertanyaan secara berurut berdasarkan tempat duduk siswa.

  2. Pada awal guru memberikan pertanyan perkalian kepada siswa yang duduk di bangku paling awal. Aturannya BAGI YANG SALAH MENJAWAB /LAMA DALAM MENJAWAB WAJAHNYA AKAN DICORET.

  3. Apabila siswa benar menjawab siswa yang benar menjawab diberi kesempatan memberi pertanyaan perkalian ke teman se belahnya. Apabiala teman nya salah menjawab maka siswa yang memberi pertanyaan tadi berhak mencoret wajahnya dengan kapu,pupur/tepung,

  4. Setelah siswa yang salah menjawab di coret wajahnya siswa tersebut di persilahkan ke luar kelas untuk bertanya jawabannya pada adik kelas mereka dengan coretan diwajahnya tidak boleh di hapus.

  5. Sambil menunggu siswa yang mencari jawaban keluar siswa yang menjawab benar tadi melanjutkan permainan dengan memberi pertanyaan lagi kepada siswa berikutnya

  6. Dan ini dilakukan berulang2 sapai siswa semua mendapat gilran dan ini bisa dilakukan berkali-kali

Inti permainan ini adalah yang salah menjawab wajahnya dicoret oleh yang memberikan pertanyaan dan dengan coretan diwajah siswa di suruh untuk bertanya kepada adik kelasnya sampai jawabannya ketemu dan coretan diwajah tak boleh hilang.

Yang mendasari pemikiran saya melakukan permainan ini adalah siswa akan merasa malu saat bertanya perkalian kepada adik kelasnya dengan wajah yang penuh coretan sehingga ti tertawai oleh adik kelasnya. Sehingga karna rasa MALU itu siswa akan termotivasi untuk belajar perkalian kembali. Dan bagi yang sudah bisa perkalian akan lebih mengasah perkaliannya dan merasa rasa senang dengan bisa mencoret wajah temannya.

dengan permainan ini pembelajaran akan menyenangkan dan siswa akan lebih terpacu untuk belajar. Demikian lah yang dapat saya bagi di kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca.


Post a Comment for "MENCORET WAJAH SISWA UNTUK MEMOTIVASI"