Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran dalam PTK


Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran dalam PTK- setelah melalui peroses Refleksi Awal / Pra Siklus untuk menidentifikasi masalah, menganalisi masalah dan mecari alternatif tindakan dari berbagai kajian dan kolaborasi yang kemudian dituangkan dalam hipotesis tindakan. 
setelah itu peneliti bisa melaksanakan perbaikan pembelajara di kelasnya dalam bentuk Daur/ Siklus. berikut ini penjelasian singkat terkait daur/siklus I yang setiap siklus terdiri dari 3 langkah yaitu Perispan. Pelaksanaan, dan refteksi :

A. Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran Daur / SIikus 1

1. Persiapan

dalam tahap persipa ini peneliti menyiapn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat sesui rencana perbaikan/ alternatif tindakan yang di rancang, seliain itu peneliti juga menyiapkan alat peraga atau media pembelajar dan mempersiapkan instrumen pengumpulan data. 

sebelum melaksanakan tindakan perbaikan di kelas guru melaksanakan langkah-langkah berikut :

  • Memeriksa kembali RPP yang telah dibuat. dibaca ulang, mencermati setiap butir yang direncanakan dalam RPP
  • memeriksa semua alat peraga dan sarana yang akan digunakan.
  • mencoba alat peraga yang akan digunakan
  • memeriksa urutan kegiatan dari kegiatan awal sampai akhir
  • memikirkan hal-hal yang mungkin dapat mengganggu pembelajaran
  • memeriksa ketersediaan alat pengumpul data
  • memastikan teman sejawat sudah siap untuk membantu

2. Melaksanakan Tindakan Perbaikan Daur/siklus 1

pada tahap ini peneliti melaksanakan peroses perbaikan pembelajaran sesuai dengan sekenario yang sudah di rancang. dan saat pelaksanaan pembelajaran peneliti juga melaksanakan obrvasi dan pengumpulan data yang di perlukan dalam penelitiannya.

3. Melaksanakan Refleksi

setelah peroses tindakan perbaikan pembelajaran uru mengumpulkan hasil observasi atau data untuk di analisi untuk menemukan kelebihan atau kekurang yang selanjutnya sebagai bahan perencanaan perbaikan di siklus selanjutnya (Siklus 2)
Demikian mediaeducations.com dapat jelaskan pada artikel ini terkait Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran dalam PTK semoga bemanfaat

Post a Comment for "Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran dalam PTK"