Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Peserta Didik , Pedagogik Guru

 

perkembangan peserta didik 

tugas seorang guru dalam proses pembelajaran adalah mengantarkan siswa WA atau peserta didik mencapai prestasi sesuai dengan potensinya. Hal pertama yang perlu dipahami ialah tentang karakteristik peserta didik dan cara mengembangkan potensi siswa. informasi karakteristik peserta didik menjadi acuan dalam menentukan materi pembelajaran sehingga Sesuai dengan perkembangan peserta didik.  berdasarkan pemahaman tersebut guru harus bekerja keras dan kreatif dalam mengeksplorasi mencari upaya yang baik untuk memfasilitasi siswa secara tepat sesuai dengan perkembangan siswa tersebut.


 Pengertian individu

 Dalam konteks pendidikan dan siswa harus dipandang sebagai pribadi yang utuh,  sebagai satu kesatuan sifat makhluk individu dan makhluk sosial sebagai satu kesatuan jasmani dan rohani serta sebagai makhluk Tuhan. Artinya manusia tidak bisa dipisahkan dari jiwa raganya rohani dan jasmani nya.  bersifat unik menunjukkan sifat khas yang membedakan individu dengan individu lainnya.  karena tidak ada ada orang yang persis sama dengan demikian peserta didik sebagai individu memiliki karakteristik yang berbeda dengan peserta didik lainnya (Sunarto, 2002:2)


Keragaman karakteristik individu

Keragaman  karakteristik dapat dilihat secara fisik kepribadian dan perilaku seperti berbicara bertindak mengerjakan tugas memecahkan masalah dan sebagainya.  dari berbagai keragaman karakteristik peserta didik atau siswa yang paling penting dipahami oleh guru adalah keragaman dalam kecakapan atau ability dan kepribadian (Makmun, 2009:53).


Adanya informasi karakteristik individu memberikan implikasi kepada ada proses pembelajaran yang harus disesuaikan dengan karakteristik siswa sebagai individu yang unik.  sangat penting dalam melaksanakan proses pembelajaran kan adalah menciptakan kondisi yang kondusif sehingga setiap individu dapat belajar secara optimal, Meskipun mereka berada dalam satu kelompok.  dengan demikian proses pembelajaran setiap peserta didik memerlukan perlakuan yang berbeda, maka  seterah proses pembelajaran akan berbeda pula.


sangat penting bagi guru memahami karakteristik peserta didiknya,  hal ini sangat bermanfaat dalam menentukan pendekatan atau metode pembelajaran yang sesuai dan tepat sehingga  dan mengubah memfasilitasi siswa secara. Selain itu dapat juga untuk menyusun dan mengorganisasikan materi pembelajaran dan menentukan alat atau media yang tepat,  pemahaman karakteristik individu siswa juga bermanfaat untuk memberikan motivasi dan membimbing siswa sehingga mencapai prestasi yang maksimal sesuai potensinya


Faktor-faktor yang mempengaruhi adanya keragaman individu

Adanya keragaman individu adalah keseluruhan perilaku dan kemampuan individu sebagai hasil pembawaan dan lingkungan.

 pembawaan yang bersifat alamiah atau natur-e ialah karakteristik individu yang dibawa sejak lahir atau diwarisi dari keturunan sedangkan nurture atau pemeliharaan pengasuhan dan adalah faktor lingkungan yang mempengaruhi individu sejak dari masa pembuahan sampai selanjutnya.  Nature dan nurture ini merupakan faktor yang mempengaruhi adanya keragaman individu.  bayi yang baru lahir merupakan hasil perpaduan keturunan dari keluarga Ayah dan Ibunya. selama perkembangannya dari pembuahan mendapat berbagai pengaruh dari lingkungan secara berkesinambungan.  ini akan membentuk pola karakteristik perilaku yang berbeda antar individu (Desmita, 2014:56).


Makna perkembangan individu

 pertumbuhan dan perkembangan ialah 2 istilah yang berbeda tetapi  saling berkaitan.  Pertumbuhan adalah perubahan alamiah secara kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis.  perkembangan adalah perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksinya dengan lingkungan.

 perkembangan lebih mencerminkan perubahan psikologis.  kematangan adalah perubahan yang terjadi pada masa-masa tertentu yang merupakan titik kulminasi dari suatu fase pertumbuhan dan merupakan kesiapan awal dari suatu fungsi psikologis untuk menjalankan fungsinya(Makmun, 2009: 79).


Tahapn Perkembangan


Karakteristik Peserta Didik SD Kelas Awal

  • 6/7 tahun - 9/10 tahun

  • Sikap tunduk kepada peraturan permainan tradisional

  • Cenderung memuji diri sendiri (menyebut nama sendiri)

  • Suka membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain

  • Apabila tidak bisa menjawab soal maka siswa akan berpikir bahwa soal tersebut tidak penting

  • Pada masa ini (terutama 6,0 – 8,0 tahun) anak menghendaki nilai (nilai rapor) yang baik, tanpa mengingat apakah prestasinya pantas diberi nilai baik atau tidak.


Karakteristik Peserta Didik SD Kelas Tinggi

  • 9/10 tahun - 12/13 tahun

  • Adanya minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkret

  • Amat realistik, ingin mengetahui, ingin belajar

  • Ada minat terhadap hal-hal dan mata pelajaran tertentu (bakat-bakat khusus)

  • Sampai sekitar umur 11 tahun anak membutuhkan guru atau orang-orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi keinginannya

  • Nilai (angka rapor) sebagai ukuran yang tepat mengenai prestasi belajar di sekolah.

  • Suka membentuk kelompok sebaya dengan tujuan untuk bermain bersama

  • Tidak lagi terikat kepada peraturan permainan yang tradisional (yang sudah ada)


Tahap Perkembangan Implementasi dalam Pembelajaran

  • Memahami tahap perkembangan dan tugas perkembangan peserta didik 

  • Mencatat mengenai perkembangan kemampuan, keterampilan dan perilaku peserta didik

  • Membimbing peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan dan kemampuan sesuai dengan tugas dan tahap perkembangannya

  • Memberi motivasi kepada setiap peserta didik untuk melakukan apa yang diharapkan dari mereka oleh kelompok sosial pada usia sekolah dasar

  • Bekerja sama dengan rekan sejawat, orangtua dan tenaga  ahli (bila diperlukan)


Post a Comment for "Perkembangan Peserta Didik , Pedagogik Guru"