JENIS DAN FUNGSI PENILAIAN DALAM PEMBELARAN

Posted by sangpembelajar On Saturday, 8 October 2016 0 komentar
JENIS DAN FUNGSI PENILAIAN DALAM PEMBELARAN

TES SELEKSI DAN FUNGSINYA

Tes seleksi adalah tes yang dimaksudkan untuk menyeleksi atau memilih calon yang dapat diterima untuk mengikuti suatu program. Dengan demikian tes seleksi berguna untuk menghasilkan calon-calon terpilih yang dapat diterima untuk mengikuti suatu program. Tes seleksi biasanya diadakan jika jumlah peminat yang akan mengikuti suatu program melebihi dari yang dibutuhkan. Tes ini dapat dilaksanakan secara tertulis,wawancara atau keduanya.



TES PENEMPATAN DAN FUNGSINYA


Tes penempatan adalah tes yang dimaksudkan untuk menempatkan siswa ssesuai dengan kemampuannya. Dengan demikian tes ini berguna untuk mengelompokkan siswa dalam satu kelompok yang relative homogen kemampuan dan keterampilannya. Manfaat yang dapat dipetik dengan dilaksakannya tes penempatan adalah kita dapat memperoleh kelompok  pesrta program dengan kemampuan yang relative homogeny  sehingga program dapat dilaksanakan dengan lebih efektif.


 


PRE TEST-POST TEST DAN FUNGSINYA


Pre test adalah tes yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami materi pelajaran yang akan disampaikan, sedang post test adalah tes yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat mencapai tujuan program setelah mereka mengikuti program tersebut.



TES DIAGNOSTIK DAN FUNGSINYA


Tes diagnostic adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi pelajaran. Dengan demikian tes ini memliki fungsi sebagai langkah awal untuk menentukan dan memperbaiki atau menghilangkan penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran.


 


TES FORMATIF DAN FUNGSINYA


Tes formatif adalah tes yang digunakan untuk mengtahui sejauh mana siswa dapat menguasai tujuan pembelajaran yang sudah diajarkan. Dengan demikian tes ini dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan. Tes ini juga dapat digunakan sebagai monitor apakah proses pembelajaran yang baru saja dilakukan telah dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam rencana pembelajaran atau belum. Dan yang menjadi fokus dalam pelaksanaan tes formatif adalah ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran bukan mencari penyebab kesulitan belajar siswa.



TES SUMATIF DAN FUNGSINYA


Tes sumatif adalah tes yang dimaksudkan untuk menilai keberhasilan siwa setelah mengikuti seluruh rangkaian proses pembelajaran, dengan demikian fungsi dari tes ini adalah untuk menilai hasil belajar siswa.

0 komentar:

Post a Comment