Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MAKALAH KEPEMIMPINAN CALON KEPALA SEKOLAH

MAKALAH KEPEMIMPINAN CALON KEPALA SEKOLAH

A. Pemikiran Calon tentang kertampiilan kepemimpinan
            Berikut ini adalah pandanangan /pemikiran tentang keterampilan kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Ketrampilan ini melitputi ketrampilan Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan dan memberdayakan (4M). berikut ini pandangan atau pemikiran calon kepala sekoah tentang empat ketrampilan terebut:

1. Mempengaruhi
Ketrampilan Mempengaruhi adalah Terampilan mempengaruhi dilihat dari kemampuan seorang kepala sekolah mengajak bawahannya untuk melaksanakan kebijakkan yang telah menjadi ketetapan sekolah. ketercapaian kompetensi kepala sekolah dalam mempengaruhi dapat diidentifikasi dengan patuhnya bawahannya yang taat akan kebijakan yang di putuskan.
Ketrampilan tersebut menurut pandangan calon sangatlah perlu di miliki oleh seorang pemimpin. Dikarenakan seorang pemimpin dalam melaksanakan tugasnya untuk mencapi tujuan yang di inginkan akan selalu melibatkan rekan-rekan kerjanya untuk melaksanakan program yang sudah di rancang. Untuk memaksimalkan hasil yang di inginkan seorang pemimpin tentu tidak mampu melaksanakan program tersebut tanpa dukukangan dan kerjasama dengan rekan-rekannya. Maka dari itu seorang pemimpin sangat perlu bisa mempengaruhi rekan-rekan kerjanya untuk mempunyai pandangan yang sama untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Ketrampilan mempengaruhi disini dapat di lakukan dengan cara berdiskusi dan saling mengemukakan pendapat sehingga tercapi pandang yang sama untuk menca[pai tujuan instansinya.
2 Menggerakkan
Ketrampilan menggerakan adalah Keterampilan menggerakkan merupakan kemampuan kepala sekolah agar sumber daya yang ada dapat bekerja dan bersinergi untuk mencapai tujuan diharapkan. Sumber Daya Manusia (SDM) ialah hal yang unik yang disebabkan adanya keanekaragaman tujuan dan keinginan. maka dari itu kepala sekolah harus mempunya kompetensi dalam mengerakkan sunber daya yang terdapat disekolah.
Ketrampilan menggerakan menurut calaon sangat perlu di miliki oleh seorang pemimpin dikarenakan seorang pemimpin dalam melaksanakan tugasnya untuk mencapai tujuan institusinya, sangat memerlukan rekan-rekan kerja yang mempunyai semangat kerja dan tugas yang sesuai dengan SDM yang di milikinya. disinilah seorang pemimpin harus mempunyai ketrampilan menggerakkan untuk dapat mengelola dan membagi tugas rekan-rekan kerjanya sesuai SDM yang di miliki sehingga dapat bekerja secara maksimal.
3 Mengembangkan
Ketrampilan mengembangkan adalah Pengembangan sekolah sebagai institusi pendidikan menjadi hal yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah. oleh sebab itu kepsek perlu mempunyai "sense of development" untuk mengembngkan sekolah. Pengembangan sekolah meliputi selain pengembangan fisik sekolah juga pengembangan non fisik.
Ketrampilan mengembangkan menurut calon sangat perlu dimiliki oleh seorang pemimpin dikarenakan seorang pemimpin dalam melaksanakan tugas selain untuk mencapai tujuan pokok institusinya perlu juga mengembangkan tujuan yang perlu di capai sebagai nilai lebih dari hasil kerja institusi. Maka dari itu seorang pemimpin perlu punya ketrampilan mengembangkan sehinga institusi yang di pimpinnya mampu berjalan dengan maksimal bahkan mampu mengembangkan tujuan yang lebih dari tujuan pokok awalnya.
4. Memberdayakan
Ketrampilan memberdayakan adalah Memberdayakan berarti memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. kepsek dianggap telah terampil memberdayakan jika memenuhi indikator berikut : (1).  Pemberian tugas sesuai kompetensi personil (2). memanfaatkan non SDM dengan maksimal  (3). Semua personil dibawah naungan pembinaan kepala sekolah sesuai dengan tupoksinya (4). Tidak ada ketidakmanfaatan potensi SDM dan non SDM.  Ketrampilan Memberdayakan sangatlah perlu dimiliki oleh seorang pemimpin untuk mengelola dan memanfaatkan sumber SDM dan Non SDM untuk menjadi lebih bermanfaat sehingga tidak ada sumber SDM dan Non SDM yang tak termanfaatkan.
            Berdasar pandanga tersebut calon dapat berpendapat bahwa. Kepsek sebagai seorang pemimpin melaksanakan tugas dan kewajiban dan mengarahkan bawahan untuk metaati komitmen dalam bertugas. Oleh karena itu seorang kepala sekolah mampu mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan sumber pendidikan yang ada

B. Penilaian Diri calon tentang penerapan 4M yang telah calon lakukan di sekolah
Setelah memahami pentingnya  bahwa seorang kepala sekolah harus mampu mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan sumber pendidikan yang ada. makan calaon perlu menilai diri sendiri terkait 4 ketrampilan tersebut sudah atau belum dimilik oleh calon. Berikut ini penilaian calon terhadap diri sendiri terkait sesui dengan pengalaman yang di milik.
1. Mempengaruhi
Calon merasa susdah memiliki ketrampilan mempengaruhi berikut ini pengalaman yang mendukung hal tersebut:
·      Sebagai Pemimpin Pembelajaran (Guru), calon berpengalaman mampu mempengaruhi siswa untuk termotivasi mengikuti pembelajaran dengan sungguh -sungguh dengan cara memberikan bimbingan secara umum terkait pentingya ilmu yang mereka pelajari.
·      Sebagai Wali Kelas, calon selalau mempengaruhi siswa untuk mematuhi aturan sekolah, dadn disiplin dalam melaksanakan kegiatan di sekolah. Contohnya mempengaruhi siswa untuk memelihara kebersihan kelas dan lingkungan dengan cara memberikan contoh secara langsung.
·      Sebagai Ketua Panita persiapan lomba Adiwiyata sekolah tingkat Kabupaten, calon mampu menmpengaruhi rekan- rekan kerja untuk saling memberikan ide dalam mengelola kebersihan dan lingkungan hidup sekolah
·      Sebagai Pembimbing siswa berprestasi bidang akademik di sekolah dan di gugus, calon mampu memotivasi siswa untuk selalu meningkatkan kemampuan dan mempersiapkan diri peserta siswa berprestasi sehingga siswa bersemangat untuk belajar lebih giat lagi

2. Menggerakkan
Calon merasa susdah memiliki ketrampilan menggerakkan berikut ini pengalaman yang mendukung hal tersebut:
·      Sebagai Pemimpin Pembelajaran (Guru), calon mampu mengerakkan dan mengelola siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan PBM sehingga terjadi pembelajaran 2 arah, dalam hal ini guru selalu menggunakan metode yang bervariasi sehingga siswa aktif dalam kegiatan PBM
·      Sebagai Wali Kelas. Calon mampu mengerakkan siswa dalam mengelola kelas sehingga setiap siswa mempunyai tugas dan peran masing2 dalam kelas contohnya membentuh organisasi kelas dan menjelaskan perannya, membgai siswa dalam jadwal piket kebersihan kelas dan lingkungan kelas.
·      Sebagai Ketua Panita persiapan lomba Adiwiyata sekolah tingkat Kabupaten, calon mengerakkan semua komponen sekolah untuk menata dan mengelola sesuai bidang dan kemampuan masing2 komponen sekolah sehingga tercapai tujuan yang di inginkan.
·      Sebagai Oprator sekolah, clon mampu mengerakkan seluruh rekan-rekan tenaga kependidiakn di sekolah untuk peduli dan mampu mengisi dan mengoreksi data mereka masing-masing sehingga mendpat data yang akurat.
·      Sebagai Koordinator sekolah Peduli Lingkungan Hidup. Calon mampu mengerakkan sseluruh komponen sekolah untuk memelihara lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan membuat kantin sehat tanpa bahan pengawet dan plastic.
·      Sebagai Pembimbing rekan sejawad dalam prajabatan CPNS. Calon mampu menggerakan rekan CPNS untuk berperan aktif dalam memunculkan ide-ide inovatif dalam mendukung program  sekolah dan memenuhi program prajabatan yang di ikutinya.

3. mengembangkan
Calon merasa susdah memiliki ketrampilan mengembagkan berikut ini pengalaman yang mendukung hal tersebut:
·      Sebagai Pemimpin Pembelajaran (Guru), calon mampu mengembangkan pengethauan, ketrampilan dan sikap siswa dalam PBM. Contohnya guru mengajak siswa belajar melakukan kegiatan penelitian sederhana menemukan rumus bangun datar sehingga siswa paham asal rumus matematika tersebut, 
·      Sebagai Wali Kelas, calon mampu mengembangkan pengelolan kelas yang nyaman untuk belajar dengan cara mengajak siswa membuat hiasan dindig dengan tanaman hidup jadi ruangakan kelas menjadi lebih segar
·      Sebagai Ketua Panita persiapan lomba Adiwiyata sekolah tingkat Kabupaten, calon mampu mengembangkan ide kreatif untuk
·      Sebagai Koordinator Penyusun Soal Siswa Berprestasi. Clalon mampu mengambangkan soal dengan system pensekoran yang lebih baik yaitu dengan menerapkan pensekoran jika jawaban benar nila 3, jika salah -1 dan tidak menjawab 0. Dari pensekoran tersebut didapankan hasil yang lebih akurat untuk menyeleksi siswa berprestasi tingkat kecamatan
·      Sebagai Ketua dewan redaksi Jurnal SIDIK dan JPPG, calon dan rekan-rekan kerja mampu menerbitkan jurnal penelitian ilmiah sebagai wadah publikasi para rekan-rekan guru.


4 memberdayakan
Calon merasa susdah memiliki ketrampilan memberdayakan berikut ini pengalaman yang mendukung hal tersebut:
·      Sebagai Pemimpin Pembelajaran (Guru), guru mampu memberdayakan siswa dengan lingkungan sekolah dengan membuat system belajar kontestual dengan lingkungan sekolah. Contohnya mengajak siswa belajar sambal mengamati lingkuna disekolah
·      Sebagai Wali Kelas. Calon mampu memberdayakan siswa dan lahan sekolah untuk membuat tempat berkebun, calon membuat kebun cabe, toga, dan tempat pembibitan Bersama siswa sebagai ketrampilan tambahan untuk siswa
·      Sebagai Oprator sekolah, calon mampu memberdayakan rekan-rekan guru, TU dan siswa dengan fasilitas computer dan leptop yang ada untuk mempercepat pengisian quisioner PMP sehingga tugas tersebut cepat dan tepat untuk terselesaikan
·      Sebagai Koordinator Peduli Lingkungan Hidup di sekolah, calon mampu memberdayakan siswa guru dan tu untuk dengan lahan di sekolah untuk membuat tanaman hidroponik system wist dengan bahan2 organik yang didapat di lingkuna sekolah.

           berdasarkan reflesi diri yang calon telah uraikan calon sudah merasa memiliki dan menguasai ke-4 kompetensi tersebut, namun calon masih sangat perlu untuk terus meningkatkan ke-4 ketrampilan tersebut karna keterbatasan pengalaman.

C. Rencana tindakan kepemimpinan calon kepala sekolah

1. Rencana Tindakan Pertama dalm Meningkatkan Ketrampilan 4 M 
            Berdasar dari hasil penilaian diri terkait ketrampilan 4 M tersebut di atas, calon merasa kurang dalam keempat ketrampilan tersebut. Maka untuk meningkatkan ketrampilan tersbut maka calon merasa perlu untuk membuat rancang tindakan sebagai berikut :
a. Rencana
·         Untuk meningkatkan ketrampilan mempengaruhi calon berencana lebih banyak belajar berkomunikasi dan mengemukakan pendapat dengan semua komponen sekolah (siswa, kepala sekolah, TU. Dll)
·         Untuk meningkatkan ketrampilan menggerakkan dan mengembangkan calon berencana untuk selalu berusaha dan siap mengajukan diri sebagai koordinatar di setiap kegiatan di lingkungan sekolah.
·         Untuk meningkatkan ketrampilan memberdayakan calon akan berencana untuk memperbanyak refrensi dengan cara membaca, melihat, mendengarkan, dan berdiskusi dari berbagai media untuk menambah wawasan terkait inovasi-inoasi dalam dunia Pendidikan dan sekolah.
b. Alasan pemilihan Program
·         Alasan memilih program belajar berkomunikasi dan mengemukakan pendapat dikarenakan dengan program tersebut calon akan banyak belajar cara untuk berkomunikasi sehingga pendapat yang kita kemukakan mudah diterima dipahami oleh pihak lain.
·         Alasan memilih program mencadi coordinator dalam berbagai kegiatan dikarenakan saat kita menjadi coordinator maka kita akan banyak belajar untuk mengerahkan dan mengelola anggota kita untuk bekerja semaksimal mungkin dan mengembangkan SDM meraka sehingga mencapai tujuan yang diingankan dengan mudah
·         Alasan memilih memperbanyak refrensi dengan cara membaca, melihat, mendengarkan, dan berdiskusi dari berbagai media karena dalam memperdayakan komponen sekolah sangat di b utuhkan wawasan yang sangat luas untuk memunculkan ide-ide inovatim untuk memberdayakan SDM dan Non SDm yang ada di sekolah
c. Langkah-langkah melaksanakan Program
·         Menyiapkan  berbagai hasil pengamatan dan observasi di sekitar kita sebagai bahan untuk berkomunikasi dan mengemukakan pendapat sehingga pendapat/ideyang kita ungkapkan sesuai dengan keperluan untuk mencapai tujuan instansi
·         Selalu melaksanakan tugas yang diberikan. Dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan yang di inginkan
·         Memperbanyak informasi terkait inovasi dalam dunia Pendidikan dan sekoalah dari berbagai sumber seperti buku, media cetak, dan media elektronik. Selain itu jg banyak melakukan diskusi dan berbagi pengalaman, pandangan dan pendapat dengan narasumber yang sudah lebih senior.

2. Rencana Tindakan Bagia Kedua (Meningkatkan Kualitas Sekolah)
Jika penulis menjadi kepala sekolah, maka untuk membuat rencana/tindakan yang pertama kali penulis lakukan adalah melihat dan mendeskriksikan kondisi sekolah. Hal-hal yang akan dilaksnakan adalah sebagai berikut:
a.  Rencana program yang akan dibuat
·         Membuat profil sekolah
·         Menyususan visi dan misi sekolah
·         Analisis SWOT
·          Penyusunan program
b. Alasan memilih program
·         Pembuatan dan pemetaan profil sekolah bermanfaat untuk mengetahui kondisi sekolah sehingga bisa merencanakan perbaikan dan pemenuhan sarana dan perasarana sekolah yang tepat sasaran.
·         Penyususnan visi dan misi diperlukan untuk menyatukan tujuan sekolah sehingga seluruh warga sekolah mampu mendukung kemajuan sekolah.
·         Tujuan sekolah merupakan kepentingan bersama dalam menjadikan sekolah berakulitan yang kita harapkan Bersama
·         Program-program lain yang inovatif untuk mendukung kemajuan sekolah
c.  Langkah-langkah pelaksanaan program
·         Mengidentifikasi sumber daya manusia (guru/tu/siswa)
·         Mengidentifikasi sarana dan prasarana yang mendukung.
Menyiapakan rencana program-progran yang akan dikerjakan.




Post a Comment for "MAKALAH KEPEMIMPINAN CALON KEPALA SEKOLAH"