Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peningkatan Kompetensi Berdasarkan Hasil AKPK


Peningkatan Kompetensi Berdasarkan Hasil AKPK yang Kurang/Rendah di Sekolah Magang Kedua ( SD Negeri 3 Penyaringan)
            Untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pengkan penyebaran angket AKPK (Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian) kepada seluruh calon kepala sksanakan untuk mengidentifikasi bagian-bagian kompetensi yang dikuasai oleh calon kepala sekolah (merupakan kekuatan) yang ditunjukkan melalui pengetahuan dan pengalamannya. Selain itu, juga untuk mengidentifikasi bagian-bagian kompetensi yang beluasai oleh calon kepala sekolah (sebagai kelemahan) dan memerlukan pengalaman pengetahuan serta pengalaman, sehingga akan menjadi bahan pengembangan lebih lanjut dalam diklat calon kepala sekolah.
Berdasarhasil penilaian Analisis Kebutuhan Pengembangan Kepofresian (AKPK) sebagai peserta diklat calon kepala sekolah memperlihatkan hasil sebagai berikut.
Tabel 3. 10 : Hasil Penilaian AKPK
Kompetensi
Kode
Jumlah
Kepribadian
1
92.86
Kompetensi Manajerial
2
71.43
Kewirausahaan
3
85.00
Supervisi
4
91.67
Sosial
5
35.00
           
Berdasarhasil penilaian AKPK diketahui kompetensi yang paling lemah adalah kompetensi sosial dan kompetensi manajerial. Kelemahan tersebut sebagai dasar kegiatan peningkatan kompetensi di sekolah magang dua, dikarenakan kepala SD Negeri 3 Penyaringan tempat magang dua merasa belum kompeten/tidak mahir pada aspek tersebut, maka calon KS melaksanakan kegiatan berdasarkan keunggulan sekolah magang yaitu unggul dalam kompetensi supervisi.
tindaklanjut hasil Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (yang masih kurang  lemah, dan juga merupakan salah satu tugas dari kegiatan On the Job Learning (OJL), maka calon kepala sekolah harus meningkatkan kompetensi supervisi di sekolah magang 2 SD Negeri 3 Penyaringan melalui kegiatan pengamatan/observasi terhadap pelaksanaan kegiatan sosial yang dilakukan di SD Negeri 3 Penyaringan
.


Download File di Bawah Ini

Post a Comment for "Peningkatan Kompetensi Berdasarkan Hasil AKPK"