Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Kewirausahaan Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP Melalui Kegiatan IHT


Dalam rangka mewujudkan Kepala Sekolah yang memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah, maka setiap Calon Kepala Sekolah harus menempuh Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah (PPCKS).




Salah satu kegiatan dalam PPCKS adalah On The Job Learning (OJL) yang memuat lima kegiatan pokok, yaitu Rencana Tindakan Kepemimpinan (RTK), Penyusunan Perangkat Pembelajaran, Supervisi Guru Yunior, Kajian sembilan aspek manajerial, dan Peningkatan kompetenti berbasis AKPK yang lemah.
Khusus kegiatan RTK merupakan penjabaran rencana pengembangan sekolah secara operasional yang di dalamnya memuat tindakan-tindakan kepemimpinan Calon Kepala Sekolah dalam menjalankan program/kegiatan untuk peningkatan kinerja sekolah.  RTK menjadi kegiatan yang sangat penting dalam OJL.
Kemudian daripada itu, diketahui bahwa kemampuan guru di SD Negeri 6 Penyaringan masih lemah dalam proses pembelajaran terutama dalam pembuatan RPP. Padahal, sebagaimana diketahui bahwa RPP itu sangat penting dalam kegiatan pembelajaran . Guru sebaiknya harus memahami pembuatan RPP, kegiatan RTK ini diberi judul   Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP Melalui In House Training (IHT)
Dalam kegiatan IHT ini guru akan belajar membuat RPP dan mempresentasikan penggunaannya dalam pembelajaran di kelas. Kegiatan IHT akan dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu pada siklus pertama diberikan materi langkah-langkah  pembuatan RPP dan siklus kedua merupakan pengembangan dari siklus pertama.
A.      Tujuan
Kegiatan Rencana Tindakan Kepemimpinan (RTK) ini memiliki tujuan sebagai berikut  :
1)      Untuk meningkatkan kompetensi Kepemimpinan (kompetensi kepribadian, sosial, manajerial, dan kewirausahaan) Calon Kepala Sekolah
2)      Untuk meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembuatan RPP.
Adapun indikator keberhasilan yang diharapkan adalah sebagai berikut  :
             1)      Calon Kepala Sekolah, memiliki kemampuan dalam mengawal terlaksananya kegiatan pembelajaran secara baik dengan menunjukkan penerapan nilai kepemimpinan spiritual, kepemimpinan pembelajaran, dan kepemimpinan kewirausahaan dalam setiap tindakan yang dilakukan.
     2)      Guru  memiliki kemampuan untuk:
ü Merencanakan pembuatan RPP dengan langkah-langkah yang benar.
ü Menggunakan RPP dalam KBM.
ü menjelaskan cara membuat RPP.
ü Memberikan penilaian .

Berikut Ini File Lengkap Prohran IHT







Post a Comment for "Program Kewirausahaan Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP Melalui Kegiatan IHT "