Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Supervisi Guru Junior, RTL Calon Kepala Sekolah


Salah satu tugas kepala sekolah adalah melaksanakan supervisi akademik membantu guru dalam mengembangkan kemampuan pengelola pembelajaran. Supervisi akademik merupakan kegiatan terencana, terpola dalam terprogram, merubah prilaku guru, menigaktakan kualitas pendidikan. Supervisi akademik dilakukan calon kepala sekolah antara lain :
a.         Membimbing guru memilih menggunakan strategi/metoda/teknik dapat mengembangkan berbagai potensi.
b.         Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran bimbingan di kelas.
c.         Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan fasilitas pembelajaran.
d.         Memotifasi guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan terperinci dan terarah.
Sasaran utama supervisi akademik adalah kemapuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, memanfaatkan sumber pembelajaran yang ada.
Tujuan supervisi guru junior bagi calon kepala sekolah : Mengembangkan kompetensi akademik, Melatih kemampuan melaksanakan supervisi, Melatih kemampuan mengidentifikasi permasalahan guru junior, dalam rangka meningkatkan mutu proses hasil pembelajaran, Membantu guru dalam mengambangkan kompetensi guru meningkatkan kualitas pembelajaran, dan Membantu guru junior mengembangkan kurikulum silabus dan RPP.
Hasil yang diharapkan dari supervisi guru juior: Mampu mengembangkan kompetensi perencanaan supervisi, Melaksanakan supervisi akademik, Mampu melaksanakan tindak lanjut dalam rangka menigkatkan hasil pembelajaran.

Kegiatan supervisi akademik meliputi tiga tahapan kegiatan yaitu :
1). Pra observasi dalam tahapan ini guru diberitahu dan dinyatakan kesiapannya untuk disupervisi oleh kepala sekolah atau guru senior, setelah ada kesepakatan jadwal, guru diminta untuk mengisi format pra observasi yang harus diisi, dan memberikan RPP yang akan digunakan pada saat disupervisi. Supervisor dalam hal ini kepala sekolah atau guru senior menelaah RPP yang telah diberikan oleh guru yang akan disupervisi.
2). Observasi, sesuai dengan jadwal yang telah disepakati kegiatan supervisipun dilakukan untuk kegiatan pelaporan On the Job Learning (OJL) calon kepala sekolah hanya memaparkan observasi terhadap 1 (satu) orang guru junior saja yaitu : Pande Paf Rusdyana, S.Pd guru kelas VI disupervisi pada hari Senin,14 Mei 2018, tema 9 Kayanya Negeriku, sub tema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia, muatan terpadu IPA dan Bahasa Indonesia
Berikut ini adalah deskripsi kegiatan pembelajaran Pendahuluan pembelajaran diawali dengan mengucapkan salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai, lalu guru mengabsen kehadiran siswa, memberikan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan inti menyampaikan informasi yang akan dipelajari. Kemudian peserta didik diminta untuk mengolah dan menganalisis hasil gambar pengamatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, siswa membentuk kelompok diskusi, siswa membuat bacaan sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Mempersentasikan hasil percobaan dan pengamatan. Kegiatan penutup diakhiri dengan menyimpulakan materi yang telah disampaikan.
3). Pasca observasi, setelah observasi dilakukan kegiatan refleksi secara singkat dengan guru junior dengan ditanya bagaimana perasaan/kesan guru junior tersebut setelah melakukan proses pembelajaran yang diamati oleh calon kepala sekolah, lalu calon kepala sekolah memberikan pujian terhadap hal-hal yang sudah baik yang dilakukan oleh guru junior selama proses pembelajaran, setelah itu guru junior diberi instrumen format 3 (pasca observasi)




Download File Di bawah INI






Post a Comment for "Supervisi Guru Junior, RTL Calon Kepala Sekolah"