Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)) , Contoh PTK Lengkap

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR  BAHASA INDONESIA  MELALUI PENDEKATAN   (CTL), 

Contoh PTK Lengkap

File Bisa Di download di bagian Akhir Postingan



A.    Latar Belakang



Di SDN  Pn kesulitan siswa dalam menulis ketika siswa diminta untuk menulis sebuah karangan sederhana, mendeskripsikan suatu benda ataupun ketika menulis puisi, mereka sering mengeluh dan terlihat bingung dengan apa yang ingin mereka tulis. Kebosanan, kejenuhan, serta kebingungan siswa dalam hal menulis yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
1.      Kurangnya minat siswa terhadap kegiatan menulis.
2.      Kurangnya motivasi siswa, baik dari dalam diri mereka maupun dari lingkungan belajar.
Masalah yang terjadi pada siswa kelas II SDN 02 Pedawang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap cara mendeskripsikan suatu benda. Hal itu dapat diketahui dari hasil tes pada mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek menulis pada tanggal 15 Januari 2008, dengan tujuan pembelajaran mendeskripsikan binatang dengan bahasa tulis yang dilaksanakan  Perolehan nilai rata-rata kelas yang seharusnya mencapai nilai di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas II SDN 02 Pedawang Karanganyar Kabupaten Pekalongan mata pelajaran Bahasa  Indonesia aspek menulis, yakni 70 dan  hanya mencapai  65, sehingga hanya 27% siswa mebcapai (KKM) bahasa Indonesia . Dengan adanya permasalahan yang telah diuraikan di atas, maka guru harus mengambil tindakan, yakni dengan mencari dan menggunakan suatu pendekatan atau model pembelajaran yang efektif, inovatif, dan berpotensi memperbaiki pembelajaran menulis, sehingga meningkatkan minat, motivasi, dan sikap siswa terhadap pembelajaran menulis yang berakibat pada meningkatnya prestasi belajar siswa. Untuk itulah guru (peneliti) merancang suatu bentuk pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan melalui pendekatan kontekstual dengan media gambar sebagai media alternatif untuk memperbaiki pembelajaran menulis.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraiakn di atas, maka penelitian ini akan berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan upaya medayagunakan media gambar binatang sebagai sarana pembelajaran berbasis kontekstual sehingga dapat 
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah :
a.       Apakah pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan cara me-manfaatkan media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsi secara tertulis siswa kelas II SDN 02 Pedawang  Karanganyar Kabupaten Pekalongan?
b.      Apakah melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media gambar binatang dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas II SDN 02 Pedawang Karanganyar Kabupaten Pekalongan dalam pembelajaran?
c.       Bagaimana keterampilan guru menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran?

C.    Tujuan Penelitian
            Sejalan dengan fokus penelitian di atas yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah dapat dirumuskan tujuan sebagai berikut:
a.       Mengetahui peningkatkan keterampilan siswa kelas II SDN 02 Pedawang Karanganyar Kabupaten Pekalongan melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media gambar binatang dalam mendeskripsi secara secara tertulis.
b.      Mengetahui peningkatkan aktivitas siswa kelas II SDN 02 Pedawang Karanganyar Kabupaten Pekalongan dalam pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan mendayagunakan media gambar binatang.
c.       Mendeskripsi keterampilan guru dalam menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran.





File Lengkap Download DISINI
Contoh PTK LAINNYA

Post a Comment for "MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)) , Contoh PTK Lengkap"