Alat Peraga IPS

Posted by susilo On Sunday, 1 December 2019 0 komentar

Alat Peraga IPS

A.    KEMAMPUAN SISWA
Kemampuan siswa merupakan identik dengan hasil belajar. Hasil belajar adalah hasil dimana guru melihat bentuk akhir dari pengalaman interaksi edukatif yang diperhatikan adalah menempatkan tingkah laku”. Dapat diartikan bahwa hasil belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau Perubahan diri seseorang yang dinyatakan dengan cara bertingkah laku baru berkatpengalaman baru.  Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar, maka hasil belajar merupakan hasil kegiatan belajar sedangkan belajar sendiri lebih menekankan pada proses kegiatannya, selain pada hasil kegiatannya.

Baca Juga
Hasil belajar merupakan hasil yang menunjukkan kemampuan seseorang siswa dalam menguasai bahan pelajarannya. Hasil belajar dapat diuji melalui test;sehingga dapat digunakan untuk mengetahui keefektifan pengajaran dan keberhasilan siswa atau guru dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar merupakan hasil dari proses kompleks. Hal ini disebabkan banyak Faktor yang terkandung di dalamnya baik yang berasal dari faktor intern maupun faktor ekstern.
Belajar sangat erat hubungannya dengan prestasi belajar.Karena prestasi itu sendiri merupakan hasil belajar itu biasanya dinyatakan dengan nilai. Menurut Winarno Surahmad (1997 : 88) sebagai berikut: “Hasil belajar adalah hasil dimana guru melihat bentuk akhir dari pengalaman interaksi edukatif yang diperhatikan adalah menempatkan tingkah laku”. Dapat diartikan bahwa hasil belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau Perubahan diri seseorang yang dinyatakan dengan cara bertingkah laku baru berkat pengalaman baru.
Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar, maka hasil belajar merupakan hasil kegiatan belajar sedangkan belajar sendiri lebih menekankan pada proses kegiatannya, selain pada hasil kegiatannya. Hasil belajar merupakan hasil yang menunjukkan kemampuan seseorang siswa dalam menguasai bahan pelajarannya. Hasil belajar dapat diuji melalui test;sehingga dapat digunakan untuk mengetahui keefektifan pengajaran dan keberhasilan siswa atau guru dalam proses belajar mengajar.
Hasil belajar merupakan hasil dari proses kompleks.Hal ini disebabkan banyakFaktor yang terkandung di dalamnya baik yang berasal dari faktor intern maupun faktor ekstern.  Adapun faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar yaitu: 1) Faktor fisiologi seperti kondisi fisik dan kondisi indera. 2) Faktor Psikologi meliputi bakat,minat,kecerdasan motivasi, kemampuan kognitif.
Sedangkan faktor ekstern yang mempengaruhi hasil belajar adalah : 1) Lingkungan Yang termasuk faktor lingkungan adalah 1) Alam, masyarakat/keluarga. 2) Faktor Instrumental, Faktor ini terdiri dari kurikulum/bahan pengajaran sarana dan fasilitas.

B.     METODE ALAT PERAGA
Sedangkan yang dimaksud dengan alat peraga merupakan bagian dari media oleh karena itu istilah media harus dipahami terlebih dahulu sebelum mempelajari pengertian alat peraga itu sendiri. Media pengajaran diartikan semua benda yang bisa menjadi perantara terjadinya proses belajar dapat berupa perangkat lunak maupun keras. Menurut (Elly Estiningsih 1994), yang dimaksud dengan alat peraga adalah media pembelajaran yang membawa atau mengandung ciri ciri atau konsep yang dipelajari.  Tiap-tiap benda yang dapat menjelaskan suatu ide, prinsip, gejala atau hukum alam, dapat disebut alat peraga. Fungsi dari alat peraga ialah memvisualisasikan sesuatu yang tidak dapat dilihat atau sukar dilihat, hingga nampak jelas dan dapat menimbulkan pengertian atau meningkatkan persepsi seseorang (R.M. Soelarko, 1995: 6)
Ada lima fungsi pokok dari alat peraga dalam proses belajar mengajar yang dikemukakan (Sudjana, 2002: 99-100) dalam bukunya Dasar-dasar Proses belajar mengajar  a). Penggunaan alat peraga dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif. b). Penggunaan alat peraga merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar. c). Alat peraga dalam pengajaran penggunaannya integral dengan tujuan dan isi pelajaran. d). Alat peraga dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan atau bukan sekedar pelengkap. e). Alat peraga dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru. Penggunaan alat peraga dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar.
Sebelum model pembelajaran ini dimulai, ada tiga unsur yang perlu dipersiapkan. Yakni, siswa, guru, dan perangkat pembelajaran. Ketiga unsur ini, merupakan hal yang paling dominan dan menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Ketiganya harus saling mendukung. Kalau ketiga unsur ini dapat berperan dengan baik, maka akan menghasilkan mutu pembelajaran yang baik pula.

C.    TINJAUAN PENELITIAN TERDAHULU
Dari beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan mengenai pengaruh alat peraga terhadap daya serap siswa yang dilakukan oleh Pujiati  (2004) menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga pada pembelajaran matematika mempunyai arti signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.      
Berdasarkan penelitian tersebut maka, peneliti berasumsi bahwa dengan menggunakan alat peraga dalam bentuk gambar gambar tokoh pejuang zaman penjajahan Belanad dan Jepang  akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SDN Mergosari 01 dalam mata pelajaran IPS khususnya pada kompetensi dasar Mendeskripsikan Tokoh tokoh pejuang pada Zaman Penjajahan Belanda Dan Jepang..





D.    KERANGKA BERFIKIR
Kecenderungan proses belajar mengajar yang dilakukan pada mata pelajaran IPS mengakibatkan siswa cepat merasa jenuh dan tidak tertarik dengan apa yang disampaikan guru. Prilaku siswa seperti itu mendorong guru untuk berfikir kreatif dan inovatif untuk mencari alternatif alternatif metode penyampaian yang baru sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran IPS secara khusus pada materi Tokoh tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang adalah metode alat peraga berupa Gambar pahlawan atau pejuang itu sendiri.
Alat peraga berupa gambar tokoh pejuang merupakan berusaha memvisualisasikan tokoh pejuang sehingga tampak manusia yang mereka pelajari sehingga mereka lebih mudah untuk mengingat dan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh (R.M. Soelarko,1995:6) bahwa Fungsi dari alat peraga ialah memvisualisasikan sesuatu yang tidak dapat dilihat atau sukar dilihat, hingga nampak jelas dan dapat menimbulkan pengertian atau meningkatkan persepsi seseorang.

0 komentar:

Post a Comment