Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hakikat Analisis, Penyajian dan Interprestasi dalam PTK


Data
 PTK pada dasarnya dikumpulkan oleh guru/peneliti, dan dalam pengumpulan datanya dapat dibantu oleh teman sejawat. Data tersebut biasanya bersifat kualitatif, meski ada yang berbentuk kuantitatif.

Analisi data ialah usaha yang dilakukan guru sebagai peneliti untuk merangkum secara akurat data yang telah dikumpulkan dalam bentuk yang dapat dipercaya dan benar. maka analisi data dilakukan dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan, data yang ada, merangkumnya, kemudian menyajikan dalam bentuk yang mudah dibaca atau dipahami, penyajian hasil analisi data kualitatif dapat dibuat dalam bentuk deskripsi /uraian singkat, tabel, atau bagan alur sesuai dengan hakikat data yang di analisis.

Data Kualitatif dianalisi dengan statistik deskriptif untuk menentukan persentase, dan nilai rata-rata. penyajian analisi dapat dilakukan dengan membuat tabel distribusi atau grafik.

 Interprestasi Data adalah upaya peneliti untuk menemukan makna dari data yang dikumpulkan untuk menjawab penelitian

Analisi data yang akurat/valid serta penyajian tepat akan menghsilkan tafsiran atau interprestasi hasil penelitian yang akurat dan valid. oleh karna itu guru/peneliti harus  berhati-hati dalam menganalisis. analisi data yang tidak akurat dapat diminimalkan dengan mengecek antara hasil analisi data dengan sumber data atau data lain yang sejenis

peneliti harus menganalisi, menyajikan hasil analisi, dan menginterprestasikan hasil analisis agar:

  1. data dapat dibaca dengan mudah
  2. peneliti dapat memaknai data tersebut
  3. data dapat diinterprestasikan
  4. pertanyaan peneliti dapat dijawab





Post a Comment for "Hakikat Analisis, Penyajian dan Interprestasi dalam PTK"