Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bentuk Soal AKM / Asesmen Kompetensi Minimal dalam Asesmen Nasional

Bentuk Soal AKM / Asesmen Kompetensi Minimal dalam Asesmen Nasional

 Pada postingan kali ini akan membahas tentang butir-butir soal dalam asesmen nasional hususnya asesmen kompetensi minimal / AKM.  AKM yang termasuk bagian assessment nasional yang terdiri dari assessment kompetensi mendasar berupa literasi membaca dan asesmen kompetensi numerasi.

Bentuk Soal AKM / Asesmen Kompetensi Minimal dalam Asesmen Nasional

 bentuk soal AKM   dalam asesmen nasional  dan soal pilih ganda soal pilihan ganda kompleks,  soal menjodohkan, Soal isian singkat serta soal uraian.


  1.  soal pilihan ganda. ada peserta didik hanya memilih 1 jawaban yang benar ar-ra'd alam 1 soal
  2.  soal pilihan ganda kompleks, peserta didik memilih lebih dari satu jawaban yang benar ar
  3.  soal menjodohkan, an3 wap dengan cara cara memberikan garis dari satu titik ke titik lainnya, yang saling berpasangan antara soal dan jawaban
  4. Soal isian singkat, Jawabannya berupa bilangan, Kata seperti nama tempat nama benda atau jawaban lainnya
  5.  soal uraian,Jawaban soal berupa susunan kalimat-kalimat Yang menjelaskan kan dari jawaban soal uraian tersebut.


 pada assessment nasional untuk siswa kelas 5 jumlah butir soal nya adalah 30 butir soal berkaitan dengan kompetensi literasi membaca dan 30 butir soal kopetensi numerasi. Sedangkan siswa kelas 8 dan siswa kelas 11 soal untuk asesmen nasional l berjumlah 36 butir soal kompetensi literasi dan 36 butir untuk soal numerasi.


asesmen nasional khususnya asesmen kompetensi minimal diselenggarakan secara adaptif, dengan tujuan an-nur siswa wa kerja kan Soal sesuai dengan tingkat kemampuannya. AKM Mempunyai fungsi si mengukur kur yang dibutuhkan oleh siswa wa tanpa membedakan peminatnya.  Oleh sebab itu seluruh peserta didik akan mengerjakan soal yang mengukur kompetensi yang sama. Ragam soal-soal AKM terdiri dari kontek beragam materi lintas mata pelajaran.


Soal AKM dirancang berdasarkan indikator lintas kompetensi yang akan memperoleh hasil belajar yang bersifat kontinum. Contoh soal AKM


Post a comment for "Bentuk Soal AKM / Asesmen Kompetensi Minimal dalam Asesmen Nasional"

Berlangganan via Email