Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris


Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris

berikut ini contoh penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru bahasa inggris untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) 

dalam penelitian ini guru mencoba untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris yang dimana dilihat dari hasil observasi dan analisi kegiatan pembelajaran sebelumnya siswa masih banyak yang nilai belajarnya di bawah kkm. dan dilihat dari aktivitas pembelajarannya siswa cenderung tidak aktif dimana hal tersebut akan mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa rendah.

melihat latar belakang masalh tersebut guru berinisiatif untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan merancang pembelajaran yang lebih aktif dengan metode kerja kelompok dalam metode pembelajaran cooperative learning yang dimana penerapanya tidak hanya kerja kelompok semata, namum dalam perosesnya berstruktur.

dalam penelitian ini permasalahan yang dijadikan rumusan masalahnya adalah 1) Apakah dengan penerapan kooperatif model TGT memiliki pengaruh terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa ?. 2) adakah peningkatan hasil belajar bahasa inggris setelah menerapkan medel TGT ?

adapun tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar bahasa inggris. dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT

penelitian ini berjenis penelitian tindakan (acrion research) yang dilaksanakan pada kelas guru tersebut atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pelaksanaanya terdiri dari beberapa siklus minimal 2 kali siklus. setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan refleksi, perencanaan, tindakan dan analisi, dengan data yang diperoleh berupa hasil tes setiap siklus dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar setiap siklus.

dimana dari hasil yang diperoleh dari hasil tindakan per siklus di analisi sesui dengan kebutuhan menjawab rumusan masalah dan sesuai tujuan penelitian 

demikian ulasan singkat tentang penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran bahasa inggris. berikuti ini untuk lebih jelasnya kami berikan file contoh PTK tersebut

DOWNLOAD CONTOH PTK


1 comment for "Penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa inggris"