Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Pedagogik Penilaian Proses dan Hasil Belajar

 Kurikulum, peroses dan penilaian pembelajaran ialah 3 hal yang sangat penting. kurikulum ialah tujuan pendidikan nasional sebagai landasan proses pembelajaran. proses pembelajaran ialah upaya guru untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan dalam kurikulum. sedangkan penilaian merupakan kegiatan mengukur dan menilai tingkat ketercapaian kurikulum. (Sumarna:2004)

penilaian kompetensi dasar mencakup penilian terhadap aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan. penilaian sikap dapat diukur dengan observasi, wawancara, catatan anekdot, catatan kejadian, penilain diri, penilaian antar teman. penilaian pengetahuan dapat dimengunakan tes tulis / lisan, serta penugasan. penilaian ketrampilan meliputi penilaian kinerja, proyek, dan portofolio. hasil penilaian tersebut dapat digunakan untuk mengukur perkembangan siswa, serta sebagai gambaran tingkat keberhasilanpendidikan. Berdasar hasil penilaian guru bisa menentukan upaya yang harus dilaksanakan unruk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar. 

dari hal tersebut maka guru perlu menguasai dan memahami kompetensi penilian proses dan hasil belajar secara teori dan aplikasinya dengan tujuan menunjang peningkatan kompetensi guru.

Ruang Lingkup Pedagogik Penilaian Proses dan Hasil Belajar

  • Konsep penilaian Pembelajaran
  • Prosedur penilaian proses dan hasil belajar
  • Penyusunan instrumen penilaian pembelajaran
  • analisi instrumen penilaian pembelajaran

Soal Pedagogik Penilaian Proses dan Hasil Belajar











Post a Comment for "Soal Pedagogik Penilaian Proses dan Hasil Belajar"