Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekolah Sebagai Penerbit Buku Ber ISBN

 Sekolah Sebagai Penerbit Buku Ber ISBN



mediaeducations.com - pada kesempatan ini kami ingin membagikan informasi tentang penerbitan buku ber-ISBN. diawali melihat banyak para pendidik yang memiliki karya tulis ataupun masih dalam tahap memiliki ide karya tulis mengalami kesulitan dalam menerbitkan bukunya. yang dimana buku karya tersebut nantinya ingin disebar luaskan dan memerlukan jasa penerbir yang bisa mendaftarkan buku tersebut untuk memperoleh ISBN , selain itu buku untuk bisa dinilai angka kredit bagi guru ASN salah satu syaratnya memiliki nomor ISBN. untuk solusi tersebut kita bisa daftar sebagi penerbit untuk memperoleh ISBN .

ISBN 

ISBN (International Standard Book Number) ialah 13 digit nomor yang berfungsi untuk memberi identifikasi unik secara internasional untuk satu buku yabf diterbitkan oleh penerbit. ISBN tersebut berfungsi untuk mengefesienkan pemasaran produk bagi toko, perpustakaan ataupun distributor.

ISBN di keluarkan oleh badan internasional yang berada di london. melalui Perpustakaan Nasional RI sebagai badan yang berwenang memberikan ISBN kepada penerbit untuk wilayah Indonesia.

Syarat Daftar Menjadi Penerbit ISBN

untuk bisa menerbitkan buku ber ISBN maka kita harus terdaftar sebagai penerbit di Perpustakaan Nasional RI. adapun syarat menjadi Penerpit pada Perpustakaan Nasional RI adalah harus berupa sebuah lembaga Swasta atau Lembaga Pemerintah. 

Syarat Menjadi Penerbit dari Lembaga swasta

jenis pernerbit dari lembaga yang berbentuk : PT, CV, UD, Perguruan Tinggi Swasta, Yayasan, Press dll. sera dilengkapi dengan Akta dari Notasi tentang Pendirian lembaga dan Surat penyataan.

Syarat Menjadi Penerbit Bagi Lembaga Pemerintah

Jenis lembaga pemerintah disini bisa dari lembaga Kementrian dan dinas terkait, lembaga non Kementrian, Perguruan Tinggi Negeri, Pemerintah Provisi /Pemda dan dinas terkait, BUMN/BUMD, dll. dalam pengajuan pendaftarannya hanya cukup dilengkapi dengan surat pernyataan.

khusus penerbit dalam jenis Lembaga Pemerintah masih jarang yang terdaftar sebagai penerbit. ini juga menjawab kesulitan bagi guru atau yang bergerak di dunia pendidik untuk menerbitkan buku yang dimana mereka bisa mendorong lembaganya seperti Sekolah Negeri untuk mendaftar sebagai Penerbit sehingga membentu untuk memudahkan mendapatkan Nomor ISBN. Berukut ini contoh penerbit dari lembaga pemerintah dari sekolah negeri yang terdaftar pada Perpustakaan Nasional RI.


Sekolah sebagai penerbit sangat bermanfaat bagi sekolah dalam mevasilitasi pendidik, tenaga pendidikan serta peserta didik dalam menerbitkan buku. 

Cara Daftar Menjadi Penerbit Bagi Skolah Negeri

  1. Kunjungi web resmi Perpustakaan Nasional RI disini untuk daftar
  2.  Klik tombol "Login" kemudian klik "Silahkan Daftar Online"


  3. Pada Tahap 1 Pilih jenis lembaga penerbit. disini kami contohkan pendaftar dari lembaga pemerintah dan klik "Next Step"


  4. tahap 2 Pilih Jenis Penerbit untuk Sekolah Negeri bisa pilih "kementrian dan dinas terkait"  seta upload file  Surat pernyataan dalam bentuk pdf berukuran maksimal 2MB.  (untuk contoh surat penyataan dapat di download concohnya)


  5.  selanjutnya lengkapi data pada tahap 3 dan tahap 4 
  6. setelah berhasil daftar maka selanjutnya menunggu validasi dari petugas yang akan di kirim ke email yang terdaftar, biasanya minimal 3 hari jam kerja. jika lebih dari seminggu tidak ada pemberitahuan verifikasi di email maka bisa kontak nomer petugas yang tertera

Cara Mengusulkan ISBN

  1. Login dengan user name dan pasword yang telah di daftarkan web resmi Perpustakaan Nasional RI disini
  2. Klik menu Daftar ISBN selanjutnya lengakpi isian data sesuai dengan buku yang akan di terbitkan serta opload lampiran yang terdiri dari ( Surat permohonan dari penerbit, Halaman Judul, halaman balik judul dan daftar isi) file tersebut dijadikan satu file pdf. Contoh Lampiran Download


  3. Selanjutnya menunggu verifikasi dari dari petugas min 3 hari kerja, dan bila ada kesalahn akan ada pemberitahuan bagian yang harus di bagikan
  4. setelah disetujui maka buku yang di ajukan mendapatkan barcode ISBN yang harus di letakkan pada buku.
  5. selanjutnya penerbit mencetak buku tersebut (Jika versi cetak) dan mengirimkan buku cetak tersebut ke perpustakaan Nasional RI. 
  6. Untuk Prosedur Lebih Jelas bisa Kunjungi disini
Demikian mediaeducations.com dapat informasikan semoga bermanfaat. jika ada pertanyaan atau saran bisa tinggalkan pesan pada kolom komentar

Post a Comment for "Sekolah Sebagai Penerbit Buku Ber ISBN"