Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penilaian Portofolio Siswa

Penilaian Portofolio Siswa


Penilaian Portofolio adalah satu jenis penilaian yang digunakan dalam menilai ketrampilan yaitu Kompetensi Dasar dari KI-4. sebeluam lebih lanjut ada baiknya kita pahami terkait dengan penilaian Keteampilan tersebut terlebih dahulu

Penilaian Keterampilan 

Pilaian yang digunakan untuk mengukur kompetensi ketrampilan siswa dilaksanakan dengan teknik penilaian kinerja (peraktik dan produk), penilaian proyek dan portofolio. penilan ketrampilan berupa angka dengan skor rentangan dari 0 - 100, predikat serta deskripsi. Penilaian Kinerja (performabce assessment) merupakan penilaian terhadap siswa dalam melaksanakan kegiatan sperti demontrasi dan pengaplikasian konsep/pengetahuan. 

  1. Penilaian Proses
    penilaian kinerja dapat menilai proses dan produk yang dihasilkan. contoh penilaian produk seperti poster, puisi, dan kerajinan. 
  2. Penilaian Produk
    penilain proses / praktik seperti bermain sepakbola, bermain alat musik, menyanyi melaksanakan pengamatan, dan sebagainya 
  3. Penilaian Proyek
    ialah kegiatan penilaian terhadap suatau tugas berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data , pengolahan data dan pelaporan.

Dokumen/ Adminstrasi Penilaian Ketrampilan

pendidik dalam melaksanakan penilaian ketrampilan tentunya juga disertai admistrasi yang harus dibuat guna mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran. adapun adminstrasi terkait dengan penilaian ketrampilan yang harus disiapkan adalah.
1. kisi-kisi  Penilaian Praoses/Produk/Proyek
2. rubrik penilaian
3. form penilaian
4. rekap nilai keterampilan

Penilaian Portofolio

Penilaian Portofolio adalah kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya siswa dalam bidang tertentu yang menunjukkan perkembangan. pada akhir periode portofolio tersebut dinilai oleh guru bersama siswa dan akan diserahkan kepada guru kelas selanjutnya serta dilaporkan kepada orangtua siswa untuk bukti autentik perkembangan siswa. Pengunaan Portofolio sebagai berikut:

  1. masing-masing siswa memiliki portofolio dan dibagi-bagi kedalam berbagai bidang /mapel
  2. Menentukan hasil karya yang perlu disimpan
  3. sewaktu-waktu siswa harus membaca catatan-catatan guru yang diberikan 
  4. siswa menindak lanjuti catatan-catatan dari guru
  5. catatn pendidik dan perbaikan hasil kerja yang dlakukaan siswa perlu diberikan tanggal sehingga perkembangan kemajuan belajar peserta didik dapat terlihat

Bentuk Fortofolio

Portofolio sesuai dengan fungsinya sebagai rekaman/dokumen penilaian autentik yang memperkuat kemajuan dan kualitas siswa, yang berisikaan catatan pada setiap kerja siswa sebagai masukan dan memberikan saran / tindak lajut. sehingga perkembangan siswa dapat terlihat. maka susunan Portofolio minimal seperti berikut:
  1. Cover Portofolio (Portofolio bisa dibuat dalam File Folder, Buku atau Stopmap)
  2. Penilaian Portofolio (berisikan tanggal serta catatan-catan oleh guru atas hasil kerja siswa)
  3. Hasil kerja siswa berupa proses, produk dan proyek, serta dilengkapi dengan form penilaian

Dowload File Bukti Fiksi  / Dokumen Akreditasi Terbaru Lengkap


Demikian informasi dan file yang mediaeducations.com dapat bagikan pada postingan ini semoga memberikan manfaat dan mohon selalu masukan sarannya tuliskan pada kolom komentar

Post a Comment for "Penilaian Portofolio Siswa"