Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diklat CKS ( Calon Kepala Sekolah ) / Diklat CAKEP 2021

Diklat CKS ( Calon Kepala Sekolah ) / Diklat CAKEP 2021 - Diklat Cakep ( calon kepala sekolah ) pada tahun 2021 dilaksanakan dengan Moda Luring (luar jaringan). Berdasarkan Permendikbud No 6 tahun 2018 Tentang penugasan Guru sebagai Kepala sekolah. tijelaskan bahwa guru sebagai kepala sekolah harus mengikuti Diklat Calon Kepala sekolah / CKS / Cakep. sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan.

Tahapan Diklat CKS / Cakep

pelaksanaan diklat CKS (calon kepala sekolah) dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu On the Job Training 1 (OJT 1), In Service Training 1 (IST 1) dan On the Job Training 2 (OJT 2), In Service Training 2 (IST 2) yang secara umum kegiatan pendidikan dan pelatihan masing-masing tahapan sebagai berikut.

1. Tahap OJT 1 (On the Job Training 1)

OJT 1 diklat CKS / cakep dilaksanakan di sekolah tempat tugas calonkepalas sekolah masing-masing dengan dibimbing oleh Pengajar diklat serta kepala sekolah asal sebagai mentor 1. Materi dalam OJT 1 ialah mengidentifikasi masalah terkait pembelajaran / proses pembelajaran dan selanjutnya merumuskan masalah utama, serta menentukan ide / gagasan inovasi untuk memecahkan masalah pebelajaran. Unduh Tugas 01 02 03 04 OJT 1 DISINI

2. Tahap IST  1 (In Service Training 1)

IST 1 dalam diklat cakep / CKS dilaksanakan pada tempat diklat yang ditentunkan denga difasilitasi oleh pengajar diklat secara tatap mula langsung. pada tahap ini calon kepala sekolah anak mendiskusikan dalam kelompok mengenai hasil OJT 1 terkait ide  / gagasan inovasi untuk memecahkan masalah dan berbagi pengalaman dengan di bimbing oleh pengajar berdasarkan sumber belajar yang di pelajari.

dalam tahap IST 1 ini juga para calon kepala sekolah / CKS / Cakep menyusun matrik Rencana Proyrk Kepemimpinan (RPK), dan penongkatan Kometensi (PK) serta menyusun jadwal RTL (recana tindak lanjut) yang akan dilaksanakan pada sekolah asal dan sekolah magang. dalam IST 1 peserta akan mengerjan tugas sebanyak 12 tugas. lebih lanjut terkait IST 1 dan contoh Tugas unduh (DISINI)

3. Tahap OJT 2 (On the Job Training 2)

Pada OJT 2 dilaksanakan pada sekolah tempat tugas CKS dan sekolah lain sebagai sekolah magang 2. dalam perosesnya dibimbing oleh pengajar diklat. kepala sekolah asal (Mentor 1) dan kepala sekolah magang (Mentor 2).

peserta diklat cakep pada tahap ini melaksanakan RPK (rencana Proyek Kepemimpinan), Kajiam Manajerial sekolah (KM) dan PK (Peningkatan Kompetensi Sesuai dengan jadwal RTL, menganalisi hasil monitoring dan evalusi, mempersiapkan gelar karya, membuat laporan dan video untuk karya. pada tahap ini peserta akan mendapatkan materi pembelajaran dari pengajar diklat  (UNDUH DISINI)

4. Tahap IST  2 (In Service Training 2)

Tahap IST 2 dilaksanakan di tempat diklat yang telah ditentukan dan difasilitasi oleh pengajar. pada tahap IST 1 peserta diklat CKS akan memaparkan laporan hasil RTL yang meliputi tugas RPK, KM dan PK dan melaksanakan gelar karya inovasi sebagai peroduk / output kegiatan diklat CKS

Jumlah Jam Pelajaran Diklat CKS / Diklat Cakep

waktu yang di terpakan dalam melaksanakan 4 tahap diklat tersebut adalah 300 Jam Pelajaran (JP) deng 45 menit setiap jam dan setara dengan waktu 3 bulan. berikut rincian jam masing-masing tahapan

  • OJT 1 sebanyak 20 JP
  • IST 1 sebanyak 50 JP
  • OJT 2 sebanyak 200 JP
  • IST 2 Sebanyak 30 JP

Download Buku Panduan Diklat Calon Kepala Sekolah tahun 2021

Lebih lanjut dan lengkap terkait diklat calon kepala sekolah / diklat CKS / Diklat cakep dapat di baca pada Buku Panduan / Bahan Pembelajaran Calon Kepala Sekolah / CKS / Cakep Moda Luring Tahun 2021 Disini 


Post a Comment for "Diklat CKS ( Calon Kepala Sekolah ) / Diklat CAKEP 2021"