Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laporan Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan / Laporan PBK Lengkap - Download

Guru sebagai profesi harus memenuhi beberapa kompetensi salah satunya adalah kompetensi sosial yaitu kemampuan guru/pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi serta bergaul dengan efektif dengan peserta didik, sesama pendidik/guru, tendik, orang tua siswa dan masyarakat sekitar.

untuk mempersiapkan hal tersebut agar guru setelah lulus S1 memiliki kemampuan sosail maka diperlukan pengsahan lebih lanjut terutama dalam hal mempraktekkan konsep-konseo metodik pedagogik yang mereka pelajari dalam masyarakat. khusu mahasiswa UT jurusan PGSD untuk meningkatkan kompetensi sosial melalui mata kuliah pembelajaran berwawasan kemasyarakatan PDGK4306.

Melalui mata kuliah pembelajaran berwawasan kemasyarakatan (PBK) diharapkan mahasiswa/guru dapat memberikan kontribusi aktif pada Masyarakat di lingkunganya serta dapat memberikan pengalaman bersoaisalisasi dengan masyarakat.

Program Pendidikan Masyarakat

dalam praktek pembinaan / pembimbingan pada salah satu program pendidikan  masyarakat,  yang meliputi :

1. Program Pemberantasan Buta Aksara (PBA)

Keaksaraan adalah hal yang meliputi membaca menulis berhitung dan berkomunikasi secara fungsional yang memeungkinkan seseorang untuk mengembangkan kompetensinya sehingga meningkatkan mutu serta taraf kehidupannya. Pendidikan Keaksaraan ialah usaha membimbing / membelajarkan mengenai keaksaraan agar dapat bermanfaat bafi dirinya. 

Permasalahan dalam kegiatan ini adalah banyaknya warga yang masih but aksara yang disebabkan kurangnya kesempatan belajar karena tingkat kemiskinan sehingga tidak mampu memfasilitasi dirinya untuk belajar

Mayarakat yang buta aksara jarang secara tebuka mengakui dirinya buta huruf dan kurang berkeinginan untuk belajar baca tulis dan berhitung. untuk memotivasi mereka maka diperlukan pendekatan yang sesuai dengan karakter dan kultur pada masyarakat ahar memperkecil tingkat buta aksara

2. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

Program taman bacaan masyarakat  (TBM( masih berhubungan dengan program pembelajaran buta aksara. melalui program taman bacaan masyarakat diharapkan dapat mewujudkan mayarakat yang gemar belajar (learning society) dengan salah satu indikatornya masyarakat yang gemar membaca (reading society). 

dengan adanya taman Bacaan Masyarakat yang menyediakan bahan bacaan diharapkan masyarakat yang putus sekolah atau tamat sekolah tetapi tidak melanjutkan mampu meningkatkan pengetahuan. ketrampilan, dan memperluas wawasan untuk bekal mengembangkan diri, bekerja / berusaha secara mandiri 

3. Program Pembinaan Kepemudaan

Program Pembinaan Kepemudaan penting guna membangun masyarakat, generasi muda merupakan penerus dalam membangun masyarakat madani sebagai cita-cita menuju Indonesia yang sejahtera. 

Contoh Laporan PBK Lengakap 

berikit ini kami bagikan file contoh laporan PBK program pemberantasan buta aksara, pengembangan taman bacaan masyarakat dan program pembinaan kepemudaan dalam bentuk word (doc) sebagai contoh dalam menyusun Laporan PBK. File-file laporan PBK ini kami peroleh dan kumpulkan dari penelusuran diinternet .

  1. Contoh Laporan PBK Program Pemberantasan Buta aksara (PBA) - Unduh
  2. Contoh Laporan PBK Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) - Contoh 1- Contoh 2 - Contoh 3 
  3. Contoh Laporan Program Pembinaan Kepemudaan
    • Pelatihan Membuat Kue Brownis - Unduh   
    • Pelatihan Membuat Kue Cenil - Unduh      
    • Pelatihan Membuat Kue lapis legit - Unduh          
    • Pelatihan Membuat Kue Sarang Burung - Unduh  
    • Pelatihan Berbasis Kompetensi - Unduh
    • Pelatihan Berternak Jangkrik - Unduh 
    • Pelatihan Ketrampilan Komputer - Unduh 
    • Pelatihan Membuat Tempe - Unduh      
    • Pelatihan Membuat Manisan Kering- Unduh   
    • Pelatihan Membuat Keranjang Dari Gelas Bekas - Unduh              
LIHAT CARA -CARA DOWNLOAD DISINI  

Demikian artikel mediaeducations.com Contoh Laporan PBK Lengkap Terbaru tahun 2021 - Download semoga bermanfaat dan mohon masukan dan saran dengan mengisi pad kolom komentar

Post a Comment for "Laporan Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan / Laporan PBK Lengkap - Download"