Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unduh Refleksi Pribadi Merdeka Belajar untuk mengetahui Keterlaksanaannya

Miskonsepsi Belajar

pengertian belajar yang salah yang sering terjadi saat ini adalah mengartikan belajar hanya untuk ujian. guru memiliki kendali dalam pembelajaran, peserta didik dianggap mempunyai kebutuhan dan minat yang sama, belajar terkesan kegiatan menghafal dan menggunakan rumus, siswa dikatakan berhasil belajar jika memperoleh nilai angka tersetandar, penilaian belajar sepenuhnya wewenang guru.

Komitmen Terhadap Tujuan 

Pada dasarnya pendidikan memiliki tujuan untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki kesiapan hidup, kompetensi, mampu menyelesaikan masalah, memiliki pemikiran keritis/menalar, serta memiliki sikap kemandirian

Konsep Guru Merdeka Belajar

Guru merdeka belajar ialah pendidik yang selalu berefleksi untuk menyesuaikan pemikiran dan perbuatan dalam upaya mencapai tujuan. guru harus memiliki komitmen pada tujaun untuk melaksanakan praktik yang membuatnya sadar terhadap pembelajaran yang esensial, memahami dam memprioritaskan murid sebagai subjek dalam pembelajaran, menetapkan tujuan dan target yang menantang tapi realistisnya dicapai dalam pembelajaran dan pengebangan diri.

Guru Merdeka Belajar Harus Mandiri

Guru memiliki kemandirian pada merancang pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan kesiapan siswa, mandiri dalam mencari cara yang efektif untuk mengatasi kesulitan yang ditemukan pada pembelajaran siswa, guru mandiri dalam mengikuti kegiatan (berkomunikasi, berbagi, pelatihan, coaching dll) guna pengembangan diri


Refleksi Berkala 

Guru merdeka belajar dalam pelaksanaan pembelajaran harus selalu melaksanakan refleksi secara berkala dengan cara. membuat catatan ferleksi harian untuk mengenal apa yang sudah efektif dan apa yang perlu diperbaiki. meminta umpan balik dari rekan guru, kepala sekolah untuk memperbaiki pembelajaran, menindaklanjuti hasil refleksi pada rencana pembelajaran pengembangan diri.

Guru Harus Memahami Merdeka Belajar

seringkali pemahan tentang perangkat yang penting dikuasai oleh guru untuk terampil pembelajaran dikaitkan dengan inovasi pembelajaran, media pembelajaran, media pembelajaran dll. namum modal utama guru dalam pembelajaran adalah diri sendir karna dalam peroses pembelajaran yang pertama diamati oleh siswa adalah guru (siapa gurunya, seperti apa gurunya, perlakuan guru dalam pembelajaran) dan ini yang akan membekas / diingat oleh siswa. 

jika guru sudah merdeka belajar (guru semnagta belajar, guru memiliki penuh rasa ingin tahu, guru reflektif, dll) dengan semangat guru yang merdeka belajar akan menularkan sikap ini kepada siswanya.  

Alat Ukur Merdeka Belajar / Refleksi Pribadi

untuk mengukur apakah praktik di kelas selama ini sudah sesuai dengan konsep merdeka belajar atau belum. berikut pertanyaan yang menunjukkan indikator merdeka belajar yaitu kotmitmen terhadap tujuan, mandari terhadap cara serta melakukan refleksi,

Kotmitmen Tehadap Tujuan
Mandiri Terhadap CaraMelakukan Refleksi
Unduh File .doc Alat ukur Refleksi Pribadi Merdeka Belajar , Klik tombol dibawah ini

Demikian yang mediaeducations.com dapat sampaikan pada postingan ini, artikel ini kami kutip dari materi guru belajar seri Guru Merdeka Belajar, lebih jelas dan lengkap silahkan ikuti kegiatan belajar pad web (disini). semoga bermanfaat. 


Post a Comment for "Unduh Refleksi Pribadi Merdeka Belajar untuk mengetahui Keterlaksanaannya"