Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ATP PJOK Fase A, Fase B, Fase C / SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

 Mediaeducations.com – pada artikel ini akan berbagi ATP PJOK Fase A, Fase B dan Fase C untuk jenjang Sekolah Dasar dari tingkat kelas 1-6. Alur Tujuan Pelajaran PJOK  SD ini maki susun berdasarkan CP dari laman resmi Kurikulum Kemdikbud.

ATP / Alur Tujuan Pembelajaran

ATP / Alur Tujuan Pembelajaran adalah istilah baru dalam kurikulum merdeka yang memiliki fungsi yang sama dengan silabus pada kurikulum sebelumnya, namun ATP ini pendidik dapat menyusunnya dengan formatnya sendiri selama memenuhi keriteia yang telah di tentukan  Pendidik dalam Menyusun ATP perlu menganalisi CP terlebih dahulu kemudian merumuskan TP / tujuan Pembelajaran selanjutnya Menyusun ATP setiap Fase

ATP PJOK Fase A, Fase B, Fase C / SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase pendidikan, mulai dari fase fondasi di PAUD hingga pendidikan tinggi dan pendidikan profesional. CP menggambarkan tujuan umum yang ingin dicapai dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapainya. 

Setiap fase berlangsung selama 1-3 tahun, tergantung pada tingkat pendidikan. CP memberikan landasan yang kokoh dan mengembangkan kemampuan peserta didik seiring dengan perkembangan mereka. Peserta didik secara bertahap meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan pengetahuan mereka dalam berbagai mata pelajaran serta mengembangkan keterampilan sosial dan berpikir kritis. CP membantu peserta didik dan pendidik dalam merencanakan pembelajaran yang tepat, memantau kemajuan, dan menyediakan dukungan agar peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan pada setiap fase pendidikan.

CP Telah disediakan oleh pemerintah pusat yang tertuang dalam Keputusan Kepala Badan Standar kurikulum dan asesmen Pendidikan kemdikbudristek Nomor 033/H/KR/2022 atau telah tersedia dalam laman resmi Kurikulum Kemdikbud

Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP)

Dalam tahap merumuskan tujuan pembelajaran, pendidik menggunakan kata-kunci yang telah dikumpulkannya untuk mengolah ide-ide tentang apa yang harus dipelajari peserta didik dalam suatu fase. Tujuan pembelajaran ini perlu dicapai oleh peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran, hingga akhirnya mencapai CP pada penghujung fase. Pendidik mengembangkan beberapa tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkret, tanpa mengurutkannya secara rinci. Tujuan pembelajaran sebaiknya memuat dua komponen utama, yaitu kompetensi yang harus ditunjukkan oleh peserta didik dan lingkup materi yang perlu dipahami. Pendidik dapat menggunakan pertanyaan panduan untuk mengidentifikasi kemampuan yang perlu ditunjukkan oleh peserta didik serta konten dan konsep utama yang harus dipelajari dalam satu unit pembelajaran.

Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, pendidik mengolah ide-ide yang telah dikumpulkan sebelumnya dan menggunakan kata-kunci yang relevan. Tujuan tersebut harus mencakup kompetensi yang harus ditunjukkan oleh peserta didik dan lingkup materi yang perlu dipahami. Pertanyaan panduan dapat membantu pendidik dalam mengidentifikasi kemampuan yang harus ditunjukkan dan konten utama yang harus dipelajari dalam satu unit pembelajaran. Pada tahap ini, tujuan pembelajaran yang lebih operasional dan konkret dirancang, sementara urutan tujuan pembelajaran akan disusun pada tahap berikutnya.

Ada dua komponen utama dalam merumuskan tujuan pembelajaran (TP):

  1. Kompetensi: Komponen pertama adalah kompetensi yang ingin dicapai oleh peserta didik. Kompetensi ini mengacu pada kemampuan atau keterampilan yang perlu ditunjukkan atau didemonstrasikan oleh peserta didik pada akhir pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus menggambarkan dengan jelas kompetensi yang diharapkan. Contoh kompetensi yang spesifik dapat mencakup kemampuan memecahkan masalah, keterampilan berkomunikasi secara efektif, kemampuan berpikir kritis, atau keterampilan kolaborasi dalam tim.
  2. Lingkup materi: Komponen kedua adalah lingkup materi yang harus dipahami oleh peserta didik. Lingkup materi ini mencakup konten dan konsep utama yang perlu dipelajari dalam satu unit atau topik pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus mencakup hal-hal apa saja yang perlu dipelajari oleh peserta didik. Misalnya, dalam mata pelajaran sains, tujuan pembelajaran dapat mencakup pemahaman tentang hukum gerak, konsep kimia, atau proses ekosistem. Lingkup materi harus relevan dengan kompetensi yang ingin dicapai dan sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran

Setelah merumuskan tujuan pembelajaran, langkah berikutnya adalah menyusun alur tujuan pembelajaran. Alur tujuan pembelajaran berfungsi sebagai panduan perencanaan dan pengaturan pembelajaran secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. Pendidik dapat menggunakan alur tujuan pembelajaran yang dirancang sendiri berdasarkan CP, mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan, atau menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.

Dalam menyusun alur tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran yang telah dikembangkan sebelumnya disusun secara sistematis dan logis dari awal hingga akhir fase. Alur tujuan pembelajaran harus disusun secara linier, satu arah, dan tidak bercabang, sejalan dengan urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

Beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan alur tujuan pembelajaran adalah: tujuan pembelajaran adalah tujuan yang lebih umum, alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, perlu kolaborasi dalam pengembangan alur tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik dan kompetensi mata pelajaran, penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis dari yang sederhana ke yang lebih rumit, dan alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP.

Penting untuk diingat bahwa alur tujuan pembelajaran tidak perlu mencakup lintas fase kecuali pendidikan khusus, dan tidak perlu dilengkapi dengan pendekatan/strategi pembelajaran secara detail. Alur tujuan pembelajaran bertujuan untuk memberikan panduan umum dalam mencapai CP, dan variasi atau penyesuaian alur tujuan pembelajaran dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dan keputusan penyusun.


ATP PJOK Fase A

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran PJOK pada pase A untuk kelas 1 dan 2 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Peserta didik dapat menirukan aktivitas pola gerak dasar.
  2. Peserta didik dapat menirukan aktivitas senam.
  3. Peserta didik dapat menirukan aktivitas gerak berirama.
  4. Peserta didik dapat menirukan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional).
  5. Peserta didik memahami prosedur dalam melakukan pola gerak dasar.
  6. Peserta didik memahami prosedur dalam melakukan aktivitas senam.
  7. Peserta didik memahami prosedur dalam melakukan aktivitas gerak berirama.
  8. Peserta didik memahami prosedur dalam melakukan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional).
  9. Peserta didik mampu mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan.
  10. Peserta didik mampu mempraktikkan pola perilaku hidup sehat berupa mengenali nama dan fungsi anggota tubuh.
  11. Peserta didik mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  12. Peserta didik menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menyimak arahan dan umpan balik yang diberikan guru.
  13. Peserta didik mulai dapat menghormati orang lain.

ATP PJOK Fase B

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran PJOK pada pase B untuk kelas 3 dan 4 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Peserta didik dapat mempraktikkan variasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak secara mandiri tanpa meniru contoh.
  2. Peserta didik dapat menerapkan variasi pola gerak dasar dan keterampilan gerak dalam permainan dan olahraga.
  3. eserta didik dapat menerapkan prosedur dan mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani sesuai ukuran dan intensitas aktivitas jasmani (ringan hingga sedang).
  4. Peserta didik menunjukkan kemampuan dalam menerapkan pola perilaku hidup sehat, termasuk aktivitas jasmani, istirahat, pengisian waktu luang, serta memilih makanan bergizi dan seimbang.
  5. Peserta didik dapat menerapkan prosedur pemeliharaan kebersihan dan kesehatan alat reproduksi, serta kesehatan diri dan orang lain dari penyakit menular dan tidak menular.
  6. Peserta didik dapat mengarahkan diri dalam proses pembelajaran dan menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap belajar.
  7. Peserta didik mampu menerima dan mengimplementasikan arahan dan umpan balik yang diberikan oleh guru.
  8. Peserta didik dapat mendukung adanya keriangan dalam aktivitas jasmani.

ATP PJOK  Fase C

secara umum Tujuan Pembelajaran / TP dari mata pelajaran PJOK  pada pase C untuk kelas 5 dan 6 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Peserta didik dapat mempraktikkan modifikasi pada berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak dalam permainan dan olahraga.
  2. Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dalam mempraktikkan modifikasi tersebut melalui berbagai latihan dan kegiatan dalam satu atau lebih jam pelajaran.
  3. Peserta didik mampu memahami pentingnya modifikasi dalam meningkatkan keberagaman dan inklusivitas dalam aktivitas jasmani, serta dapat menerapkan penyesuaian tersebut dalam berbagai konteks.
  4. a didik dapat menerapkan konsep dan prinsip modifikasi pada berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak dalam permainan dan olahraga.
  5. Peserta didik dapat mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan konsep dan prinsip modifikasi melalui berbagai latihan dan kegiatan dalam satu atau lebih jam pelajaran.
  6. Peserta didik mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip modifikasi pada berbagai konteks aktivitas jasmani dan memahami manfaatnya dalam meningkatkan keberagaman, inklusivitas, dan pengalaman belajar.
  7. Peserta didik dapat menerapkan konsep dan prinsip serta mempraktikkan aktivitas untuk pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan.
  8. Peserta didik memiliki pengetahuan tentang bahaya merokok, meminum minuman keras, dan menyalahgunakan narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya, serta memiliki kemampuan untuk menghindarinya.
  9. Peserta didik memiliki pengetahuan tentang risiko dan langkah-langkah pencegahan cidera dan berbagai risiko dalam aktivitas jasmani dan olahraga.
  10. Peserta didik memiliki pemahaman dan menerapkan pola perilaku hidup sehat, termasuk pemilihan makanan bergizi dan mengatur waktu istirahat.
  11. Peserta didik terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran berdasarkan kesadaran personal dan tanggung jawab sosial.
  12. Peserta didik meyakini adanya interaksi sosial melalui aktivitas jasmani.

Download ATP PJOK Fase A, Fase B, Fase C jenjang SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Berikut ini kami bagikan file ATP PJOK Fase A, Fase B, Fase C dalam satu File ms.word yang dapat digunakan sebagai contoh ATP Bahas Inggris SD. Klik tomobl Download di bawah ini 


demikian yang mediaeducations.com dapat bagikan pada artikel kali ini tentan Alut Tujuan Pembelajaran PJOK SD pada fase A, B dan C, semoga dapat bermanfaat dan mohon selalu dukungan dengan memberikan komtentar atau masuk . 

Post a Comment for "ATP PJOK Fase A, Fase B, Fase C / SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6"