Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KI KD Kurikulum Merdeka / Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka / CP Kurikulum Merdeka (unduh file word)

Istilah KI KD (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar) yang umum kita dengar dan gunakan pada kurikulum 2013, namun pada Kurikuum Merdeka tidak lagi ada istilah KI KD tapi kita mengenal dengan Capaian Pembelajar kurikulum merdeka atau disingkat CP kurikulum Merdeka.

Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka

Kerangka dasar pada kurikulum 2013 berlandaskan SNP (Standar nasional pendidikan) dan tujuan sistem pendidikan nasional namun pada kurikulum merdeka menamahkan landasan tentang mengembangkan profil pelajar pancasila pada siswa

Kompetensi yang dituju,  Pada Kurikulum 2013 mengenal istilah Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), namun pada Kurikulum merdeka mengenal istilah Capaian Pembelajaran (CP) yang tersusun kedalam fase

Struktur Kurikulum, pada kurikulum 2013 Jam pembelajran (JP) disusun perminggu dan pada tingkat SD mengunakan pembelajran berbasisi tematik integratif, sedangkan Kurikulum Merdeka struktur kurikulum dibagi kedalam 2 kegiatan pembelajran utama yaitu : Pembelajaran reguler dan projek pengutan profil pancasila serta JP diatur per tahun.

Pembelajaran, pada kurikulum 2013 pembelajaran menerapkan pendekatan saintifik untuk semua mata pelajaran sedangkan kurikulum merdeka menguatkan pembelajaran terdiferensiasi sesui tahapan capaian siswa.

Penilaian, pada kurikulum 2013 penilaian formatif, sumati oleh pendidik digunakan untuk memantau kemajuan belajar siswa dengan berkesinambungan, sedangkan pada kurikulum merdeka penilaian formatif dan sumatif digunakan untuk merancang pembelajaran sesuai tahapan capaian siswa.

Perangkat Ajar yang Disediakan Pemerintah, pada kurikulum 2013 hanya tersedia buku teks dan buku non teks, sedangkan kurikulum merdeka dilengkapi dengan contoh-contoh perangkat ajara yaitu: modul ajar, Alut tujuan pembelajaran (ATP), contoh projek penguatan profil pancasila, serta contoh kurikulum oprasional.

Capain Pembelajaran ini diperlukan guna menyusun silabus /ATP  kurikulum merdeka (UNDUH) dan menyusun RPP / Modul Ajar (UNDUH)

itu sedikit ulasan perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka untuk lebih jelasnya dapat kunjungi laman resmi dari kemdikbut disni

KI KD Kurikulum Merdeka / Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka / CP Kurikulum Merdeka PAUD SD SMP SMA

Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka perlu di ketahui oleh pendidik dan satuan pendidikan untuk pedoman atau landasan dalam menyusun Tujuan pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) /silabus, 

Capaian Pembelajaran kurikulum merdeka ditetapkan oleh pemerintah dalam SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Aesemen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No. 008/H/KR/2022. CP (capaian pembelajaran) merupakan kompetensi pembelajran yang harus dicapai siswa, CP memuat sekumpulan kompetensi dan materi yang telah disusun komprehensif dalam narasi. 

Unduh KI KD Kurikulum Merdeka / Unduh CP Kurikulum Merdeka

CP Kurikulum Merdeka dapat diunduh pada laman resmi Kurikulum Kemdikbud 


Link Download CP Kurikulum Merdeka format pdf (Unduh)

Link Download CP Kurikulum Merdeka format ms,word (Unduh)

Perubahan Capaian Pembelajaran, Keoutusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek No. 003/H/KR/2022 (UNDUH)

demikian mediaeducations.com dapat bagian terkait KI KD kurikulum mereka atau istilah barunya Capaian Pembelajaran / CP kurikulum merdeka. semoga dapat memberikan manfaat serta mohon selalu dukungan seta mohon masukannya.




1 comment for "KI KD Kurikulum Merdeka / Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka / CP Kurikulum Merdeka (unduh file word)"

  1. Ribut Joyo Winarno19 July 2022 at 21:18

    Terimakasih banyak saya sampaikan atas kemudahan dalam mendowndoad CP kurikulum Merdeka dari web mediaeducations.com hari ini, semoga dapat mempermudah guru, siswa dan orangtua lainnya juga dalam menggunakan fasilitas link media educationc ini.

    ReplyDelete