Contoh Best Practice Bahasa Inggris Smp

Posted by susilo On Tuesday, 3 December 2019 0 komentar

Contoh Best Practice Bahasa Inggris SMP – Bagi bapak dan ibu guru di banyak sekali daerah, ketika ini sedang berlangsung kegiatan PKP (Pengembangan Kompetensi Pembelajaran) berbasis zonasi. Salah satu kiprah yang harus dilengkapi salah satunya yaitu menciptakan best practice. 


Mungkin ada rekan-rekan guru yang belum mengetahui apa itu best practice?. Best Practice yaitu Salah satu jenis karya tulis yang disarankan untuk dibentuk oleh pendidik atau tenaga kependidikan. 


Best Practice yaitu sebuah karya tulis yang menceritakan pengalaman terbaik dalam menuntaskan sebuah permasalahan yang dihadapi oleh pendidik atau tenaga kependidikan sehingga bisa memperbaiki mutu layanan pendidikan dan pembelajaran. 

Berikut contoh Best Practice Bahasa Inggris SMP

BAB I 
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah 
Proses pembelajaran yang dilaksanakan guru di dalam kelas kadang kala menciptakan guru kaku terutama dalam menentukan satu atau metode pembelajaran, dan mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran. Pada kenyataannya pendidikan telah dilaksanakan sejak adanya manusia, hakikatnya pendidikan merupakan serangkaian insiden yang kompleks yang melibatkan beberapa komponen antara lain: tujuan, murid , pendidik, isi/bahan, cara/metode dan situasi/lingkungan. Hubungan keenam faktor tersebut berkait satu sama lain dan saling bekerjasama dalam suatu aktifitas satu pendidikan. 

Keadaan siwa Sekolah Menengah Pertama dengan sistem menerapakan K13 dan menuntut siswa untuk lebih aktif dalam hal ini yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, lebih tepatnya dalam materi teks khusus yaitu notice, short message, announcement, dan report text, tidak menutup kemungkinan banyak guru yang mengalami kesulitan dalam memakai model pembelajaran yang sempurna untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Karena guru dituntut untuk mengejar sasaran materi yang cukup banyak dan harus diselesaikan pada setiap semester. 

Keberhasilan pengajaran juga tergantung pada keberhasilan murid dalam proses mencar ilmu mengajar, sedangkan keberhasilan murid tidak hanya tergantung pada sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum maupun metode. Akan tetapi guru memiliki posisi yang sangat seni administrasi dalam meningkatkan prestasi murid dalam penggunaan seni administrasi pembelajaran yang tepat. 

Banyaknya persiapan yang ingin dilakukan dalam metode pembelajaran Kurikulum 13 sehingga guru sasaran merasa terbebani dalam menunjukkan pembelajaran, dan guru sasaran lebih cenderung untuk memakai pembelajaran langsung. 

Oleh alasannya yaitu itu model pembelajaran Kurikulum 13 tersebut perlu disosialisasikan lebih optimal pada guru sasaran untuk sanggup diaplikasikannya dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dimaksudkan semoga guru sasaran tidak tertinggal dengan penemuan pendidik dengan penerapan model pembelajaran inovatif. 

B. Jenis Kegiatan 
Dari klarifikasi perihal latar belakang problem di atas, diketahui bahwa ruang lingkup penelitian ini mencakup kajian pembelajaran, khususnya pada Pembelajaran Kurikulum 13 dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada aspek teks khusus, short message, announcement, notice, dan report text. 

Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui training guru dalam merencanakan, melaksanakan, hingga dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bab dari kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 perihal Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 

C. Manfaat Kegiatan 
• Membiasakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya 
• Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga sanggup meningkatkan kompetensinya 
• Memberikan contoh kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik 
• Memberikan contoh kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan contoh Best Practice Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama silakan 
Cover Best Practice
Isi best practice Bahasa Inggris SMP


Sumber : Ade Abdullah, S.Pd Guru SMPN 2 Gabuswetan

0 komentar:

Post a Comment