Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RTL ( Rencana Tindak Lanjut ) Calok Kepala Sekolah


PELAKSANAAN RENCANA TINDAK LANJUT


A.      Pelaksanaan Rencana Tindak Kepemimpinan
Berdasarkan rapor mutu PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) tahun 2017 SD Negeri 6 Penyaringan untuk 4 SNP khususnya (Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian dan Standar Kompetensi Lulusan, maka nilai yang termasuk rendah dari keempat standar tersebut adalah standar proses dengan nilai capaian 4,86 yang termasuk kategori capaian menuju SNP 3. Memperhatikan indikator setandar proses dalam rapor mutu PMP salah satu yang mendapat nilai tergolong rendah adalah pada sekolah merencanakan proses pembelajaran sesuai ketentuan. Terkait dengan standar proses terutama tentang rencana pelaksanaan pembelajaran, pada kegiatan on the job learning (OJL) judul yang dituangkan penulis dalam Rencana Tindak Kepemimpinan (RTK) adalah “Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP melalui In House Training (IHT) di SD Negeri 6 Penyaringan.
Melalui kegiatan RTK ini calom kepala sekolah bertujuan untuk untuk meningkatkan kompetensi calon kepala sekolah dalam Kompetensi Kepribadian, Kewirausahaan dan Sosial. Melalui kegiatan RTK ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja SD Negeri 6 Penyaringan khususnya Standar Proses dalam penyusunan RPP.
Indikator keberhasilan dalam kegiatan RTK ini calon kepala sekolah menargetkan tercapainya peningkatan kompetensi calon kepala sekolah dalam kompetensi kepribadian, kewirausahaan dan sosial dengan kategori minimal baik. Dan untuk peningkatkan kinerja sekolah SD Negeri 6 Penyaringan khususnya setandar peroses dalam penyusunan RPP CKS menargetkan mencapai kategori minimal Baik.
Adapun kriteria yang dijadikan acuan dalam monitoring dan evaluasi ini seperti tabel di bawah ini :

Tabel 3.1 : Keriteria Penilaian
Kriteria Penilaian
Angka
Huruf
Keterangan
86 % – 100%
A
Sangat Baik
71%    85%
B
Baik
55%    70%
C
Cukup
< 55%
D
Kurang
Program tindakan untuk meningkatkan SNP khususnya standar proses yang perlu ditingkatkan adalah dalam penyusunan RPP melalui program In House Training (IHT). 
.

Download File di Bawah Ini



Post a Comment for "RTL ( Rencana Tindak Lanjut ) Calok Kepala Sekolah"